Tentang Masalah


Gak berasa udah masuk minggu ketiga di bulan maret aja. Itu artinya, gue udah harus ngepost lagi. Sebenernya, dari kemaren gue udah mau ngepost ini, tapi karena jadwal gue lagi sibuk-sibuknya, mulai dari sibuk kuliah, sibuk ngikut kegiatan kampus, sampe sibuk mikirin gimana caranya nembak gebetan yang baik dan benar. Makanya jadi ketunda terus.

Tapi sepadet-padet nya jadwal, gue pastiin bakalan selalu ada waktu buat nulis. Selain karena hobi, tahun ini juga gue lagi ngejalanin resolusi dalam hal blogging, yaitu one month, one post. Yang intinya, dalam sebulan, gue harus nambah minimal satu postingan lagi di blog ini. Tujuannya simpel, cuma pengen ngasah kemampuan nulis gue aja. Karena gue selalu percaya, bukan bakat yang membuat kita bisa, tapi kebiasaan. Jadi, ya, kalo kita udah terbiasa ngelakuin suatu kegiatan, mau sesulit apapun, lama kelamaan bakal terasa mudah karena udah jadi hal yang biasa dilakuin. Oke, itu kalimat pendahuluan aja, sih. Karena yang pengen gue bahas sebenernya bukan itu.

Jadi begini, waktu itu udara di rumah lagi dingin banget, karena seharian diluar hujan. Akibat kedinginan itu, disaat adek-adek dan nyokap gue pada ngambil jaket dan selimut buat ngangetin badan, gue malah ngambil hape buat nulis status kayak gini, "Cuaca hari ini lagi dingin banget, sedingin respon kamu." Tapi niat gue buat nulis status itu seketika buyar setelah gue liat di recent updates BBM, ada satu temen gue, yang isi pm nya penuh banget keluh kesah masalah yang lagi dia hadapin, sampe dp nya dia ganti jadi gambar yang ngejelasin kalo dia lebih baik mati daripada ngadepin masalah yang kayak gini. Astagfirullah...

Terus, keesokan harinya, kerabat jauh gue di bandung, juga tiba-tiba nge-chat gue. Dia curhat tentang masalah pergaulan disana. Dia itu anak kost, baru tinggal di Bandung sekitar enam bulan, tapi orang nya aktif banget, sekarang aja dia udah ngikut tiga organisasi di kampus nya. Gue sebenernya salut sama cara dia nyari temen. Buat anak rantau kayak dia, emang ikut organisasi adalah cara paling mujarab buat dapetin banyak temen baru. Gue bahkan sempet dibuat iri sama cerita-cerita nya. Banyak banget foto dia lagi jalan-jalan sama temen-temen nya yang dia tunjukin ke gue. Dan semuanya keliatan seru banget. Tapi yang gak gue sangka, dari curhatan dia waktu itu, bisa bikin gue ambil kesimpulan kalo pergaulan dia disana banyak banget masalahnya. Padahal gue kira, pergaulan dia disana asik-asik aja. Memang, apa yang kita lihat, belum tentu yang orang itu rasain. Terkadang mainstage orang lain sama backstage kita itu beda jauh. Maksudnya mainstage itu, adalah sesuatu yang kita perlihatkan ke dunia, atau yang biasa diliat orang lain tentang kita. Sedangkan backstage, adalah sesuatu yang kita gak perlihatkan ke dunia, atau yang kita rahasiakan.

Misalnya, waktu lagi ngeliat artis yang sering tampil di tv, pasti langsung mikir, "Pengen, deh, jadi artis. Duit nya banyak. Pasti hidupnya enak!". Padahal kalo kita zoom-in ke kehidupan aslinya, bisa aja si artis malah mikir, "Capek banget jadi artis. Meskipun dapet duit, tapi waktu gue buat istirahat dan kumpul bareng keluarga jadi sedikit." Dengan begitu, anggapan orang-orang tentang kehidupan artis yang katanya enak itu belum tentu terbukti. Sama hal nya waktu gue gak sengaja nonton berita selebritas luar negeri. Waktu itu beritanya tentang artis korea, sebut aja namanya Dee Jong Gwol. Pas ngeliat dia, gue langsung mikir, "Enak banget, ya, jadi dia. Udah ganteng, kaya raya, banyak fans nya lagi. Coba aja gue lahir di korea!". Tapi dua minggu kemudian, waktu gue lagi iseng baca-baca di internet, gue nemu berita tentang Dee Jong Gwol yang baru aja meninggal bunuh diri di kamar hotelnya karena diduga depresi. Gue sempet heran, sih. Orang yang gue anggap hidupnya sempurna kayak dia aja, ternyata masih bisa depresi sampe bunuh diri gitu. Iya, dari sini gue belajar, mainstage orang lain sama backstage kita itu emang seringkali beda. Makanya, kalo mau hidup kita nyaman-nyaman aja, jangan pernah membandingkan backstage kita sama mainstage orang lain.

Karena memang pada dasarnya gak ada manusia yang bisa bahagia di segala kondisi. Sama hal nya kayak matahari. Matahari bisa begitu terangnya di siang hari, namun bisa begitu redup di malam hari. Cuma sayangnya, sifat manusia emang terlalu banyak mengeluh. Dapet masalah dikit, langsung frustasi... stress... trus ngobrak-ngabrik jamban tetangga. Kayak gitu yang sebenernya bikin hidup kita seolah-olah banyak dan berat banget masalahnya. Padahal sebenernya, hidup akan selalu terasa kejam, bagi manusia yang cengeng.

" Terus, tujuan Allah swt menciptakan masalah itu untuk apa ? "

Kehidupan yang nyaman-nyaman aja, pasti ngebuat hidup kita berasa flat banget. Dan masalah hadir, untuk menciptakan warna dalam hidup kita. Apa jadinya kalo di dunia ini gak ada masalah ? Semua orang pasti akan sibuk bersenang-senang, lupa segalanya, lupa bersyukur, apalagi sampe lupa sama tuhannya. Sedangkan kalo di dunia ini ada masalah, pasti disaat manusia nya lagi dapet masalah, biasanya langsung pada buru-buru berdoa semoga diberi petunjuk oleh Allah swt untuk nyelesain masalah itu. Gitu, sih, biasanya.

Yang terpenting, sih, jangan pernah takut menghadapi masalah. Seberat-beratnya masalah, pasti akan selesai, kok. Sesuai juga yang ada dalam Al Qur'an, "Allah swt tidak akan memberi cobaan, diluar batas kemampuan hambanya." Dan penting juga untuk kita ikhtiar dan selalu minta petunjuk Allah swt. Dosen gue juga pernah bilang gini, masalah itu selalu datang berdampingan dengan solusi. Kalo gak ada solusinya, berarti itu masalah yang kamu buat sendiri.

Nah, bedanya masalah beneran sama masalah yang lo buat sendiri itu kayak gini,

Kalo masalah beneran,

" Haduh, gue gak lulus ujian mata kuliah pengantar ilmu move on, nih, bro. "
Solusinya ? Ya, belajar lagi, dan ngikut remedial di lain hari.

Sedangkan kalo masalah yang lo buat sendiri itu contohnya,

" Haduh, gue gak bisa ngupil pake jempol kaki, nih, bro. "
Solusinya ? Gak ada. Kecuali kalo lo emang niat ngebentuk lubang hidung lo jadi selebar goa jepang.

Ya, udah keliatan di atas, bedanya, cuma keliatan di ada enggak nya solusi.

Pada intinya, di dunia ini gak ada satupun manusia yang lolos dari masalah. Tapi berat atau ringan nya masalah, semua tergantung dari gimana manusia menyikapi masalah nya masing-masing. Masalah hadir untuk mengajarkan kita bagaimana cara menyikapi hidup. Menyikapi gimana ? ya, dengan kurangi mengeluh, lalu perbaiki masalah itu. Masalah itu bukan diakhiri, tapi diperbaiki. Kalo cuma diakhiri, masalah itu cuma selesai, dan masih mungkin masalah yang sama dateng lagi di lain waktu. Tapi kalo diperbaiki, kita udah tau gimana cara menyikapi masalah itu, dan mencegah masalah yang sama dateng lagi di lain waktu. Itulah kenapa, semua masalah pasti ada hikmah nya.

Kayaknya itu aja postingan gue hari ini. Semoga temen-temen gue, dan semua yang baca postingan ini, terutama yang sering ngerasa hidupnya penuh dengan masalah, abis baca ini bisa mengubah sedikit mindset kalian tentang masalah. Hehehe.

Nah, kalo kebanyakan orang mengartikan masalah itu sebagai beban atau rintangan kehidupan. Kalo gue sendiri, coba mengartikan masalah itu sebagai,

"Anugerah tuhan yang belum mampu kita pahami."

Comments

Post a Comment