Hal-Hal Gila Setelah Putus Cinta

Hasil gambar untuk kartun saat putus cinta
Selain karena terus-terusan ditawarin temen buat gabung jadi member MLM, ngebaca pm galau juga termasuk satu hal yang bikin gue risih tiap kali buka bbm. Dan kejadian ini seringkali terjadi, dari kontak yang sama.

Namanya Dede, temen SMA gue yang otaknya encer banget. Dia selalu dapet nilai bagus di hampir semua mata pelajaran, selalu jadi juara kelas, dan juga aktif ngikut organisasi. Gak heran kalo sekarang dia berhasil masuk kampus negeri favorit di bandung.

Selama masa SMA, gue mengenal Dede sebagai anak yang kutu buku. Sifat itu bisa dilihat dari setiap jam pelajaran. Disaat anak-anak lain, termasuk gue, pada berlarian ke kantin sekolah. Dede malah asik duduk di dalem kelas sambil baca novel yang sengaja dibawanya dari rumah. Novel yang dia bawa genre nya juga bermacam-macam, kadang horror, kadang detektif, action juga pernah. Tapi selama gue perhatiin, ada satu tema novel yang gak pernah dia baca, yaitu novel bergenre romance.

Karena penasaran, gue sesekali pernah nyoba nanya,

"De, lo emang suka baca novel ya ?" Tanya gue di sela-sela jam istirahat. Saat itu Dede lagi asik memakan nasi uduk yang dibawanya dari rumah.

"Eh, hehe iya fif. Soalnya saya suka ngikutin ceritanya.." Jawab Dede sambil asik memotong telur rebus yang juga termasuk lauk pada nasi uduk nya tersebut. Gue ngiler.

"Oalah.. Ah, tapi genre yang lo baca ini-ini terus, de. Baca yang genre nya romance dong. Biar lo ngerti cara deketin cewek. Hahaha." Gue sengaja ngeledek Dede kayak gitu. Soalnya selama ini emang gue gak pernah liat dia deket sama cewek, bahkan sama cewek temen sekelasnya.

Saat itu sebenarnya gue berharap Dede mau nyoba baca novel romance. Tapi sayangnya, Dede langsung menolak tawaran gue,

"Heh ? Romance ? Gak mau, ah. Terlalu alay buat saya. Mendingan baca buku pelajaran, bisa bikin pinter! Hihihi." Dede menjawab pertanyaan gue dengan cepat, lalu lanjut menghabiskan nasi uduknya.

"......." gue pun melengos pergi.

Dede memang termasuk anak yang sangat fokus sama pendidikannya. Dia rela dateng pagi demi kebagian duduk paling depan, selalu perfectionis kalo ngerjain tugas, dan rela pulang sore demi ikut jam tambahan di sekolah. Iya, gue salut sama sifatnya. Satu sifat yang sangat bertolak belakang sama gue. Gue suka ngiri sama otaknya. Makan apa, sih ? Kuat banget belajar lama-lama.

Saat wisuda SMA, itu kali terakhir gue ketemu sama Dede. Sampai saat kuliah ini, gue udah gak pernah ketemu Dede lagi. Gue juga gak pernah nge-chat lagi. Tapi untungnya, waktu terakhir ketemu di wisuda SMA, gue dan Dede sempet tukeran pin bbm. Alhasil, gue masih sedikit tau kabar Dede lewat status-status dia di timeline.

Akhir semester satu, gue perhatiin sepertinya ada yang salah sama Dede. Dari statusnya yang bunyinya begini,

"Makasih, ya, untuk hari ini" Ditambah emot peluk dan emot cium.

Ngeliat status dia, sepertinya Dede baru aja berhasil jadian. Gue gak tau dia jadian sama manusia atau tumbuh-tumbuhan, tapi yang pasti, gue cukup seneng liatnya, ternyata temen gue yang satu ini normal.

Gue memilih untuk gak mau ngomentarin dulu hubungan dia. Biarin Dede menikmati perasaannya dulu. Gue gak mau ikut campur ke dalam dunianya.

Satu minggu berlalu, gue ngeliat status Dede makin kesini makin mesra. Status nya makin memperlihatkan kalo Dede bener-bener cinta mati sama pasangannya. Dia pun sudah mulai berani pasang dp pake foto pacarnya.

Selain gue ngiri karena Dede selalu mengumbar kemesraannya tanpa memperdulikan tuna asmara kayak gue, tapi gue juga khawatir kalo seandainya Dede juga jadi menghilangkan sifat kutu buku nya dan malah keasikan pacaran. Takut pendidikannya malah di nomor dua-kan.

Tapi gue yakin, Dede pasti tetep memprioritaskan kuliahnya.

Dua bulan sudah gue jadi penonton kehidupan Dede yang selalu gonta ganti Dp sama pacarnya. Kalo diperhatiin dari statusnya, kayaknya, sih, Dede bakal awet-awet aja sama pasangannya.

Tapi di setelah tiga bulan, status Dede yang awalnya selalu penuh dengan kemesraan, tiba-tiba berubah menjadi amarah,

"Dasar cewek gak punya hati !"

"Pengorbananku sia-sia, atau aku telah memperjuangkan orang yang salah ?"

Dan lain-lain.

Gak jarang juga Dede nulis kata-kata kotor di statusnya,

"Dasar Noda kerah baju! Bakteri! Upil badak!"

Dan teman-temannya.

Bener-bener bukan Dede yang gue kenal. Memang, gak akan ada orang yang sama ketika ia sedang jatuh cinta.

Bukan hanya dari statusnya, tapi foto dp nya yang selalu dihiasi oleh pose Dede sama pacarnya pun akhir-akhir ini malah berubah jadi kumpulan quotes-quotes galau.

Sebagai temennya, ngeliat Dede si kutu buku yang sepertinya lagi galau berat, jadi mendorong gue buat bertanya,

"Lo kenapa, de ? Galau ya, lo ?"

Gak perlu nunggu lama, tanda D di chat gue langsung berubah jadi R. Lalu muncul jawaban,

"Hiks. Iya saya baru diputusin, fif, sama pacar saya. Padahal sebenernya saya masih sayang. Bener-bener sakit, pengen marah."

Yap. Dugaan gue ternyata bener. Dede Si kutu buku yang selama SMA apatis sama cinta-cintaan, kini berubah drastis. Dede yang gak mau tau tentang cinta, sekarang galau karena cinta.

Akhirnya gue coba ngasih pendapat yang mungkin bisa sedikit menghibur Dede,

"Hmm iya, gue paham kok. Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya emang nyesek. Sabar bro. Masih banyak cewek diluar sana yang lebih baik buat lo. Lo harus move on."

Gue tau kalimat itu basi, dan kayaknya kurang bisa ngebantu seseorang yang hati nya lagi patah karena seseorang yang ia amat sayangi. Tapi setidaknya, gue masih bisa menunjukan kalo gue peduli sama temen lama. Dan gue emang yakin kalo ini yang terbaik buat Dede.

"Aamiin, fif. Semoga sakitnya bisa hilang. Saya juga sedih, nilai uts kuliah saya ada yang C karena malemnya gak belajar demi nemenin cewek gak punya hati itu. Saya merasa semua pengorbananku sia-sia." Balas dede pake emot marah di akhir chat nya.

"Wahh, kok bisa ? Setau gue lo pinter, kan!"

Dede cuma membalasnya dengan emot sedih.

Lalu gue balas lagi,

"Ahh gue tau, ini pasti pelajaran buat lo, de. Makanya kalo pacaran tuh jangan lupa waktu. Kemana-kemana berdua mulu, kayak lobang idung. Hahaha" Gue ngomong gitu bukan semata-mata cuma mau ngeledek. Tapi gue berfikir dengan ledekan itu, Dede bakal paham dan gak terlalu meratapi pacarnya.

Tapi..

"Ah! Kamu gak tau apa yang saya rasain! Udah lah, jangan sok perhatian!" Dede malah bentak gue dengan nada yang diliat dari tanda baca nya, sepertinya keras.

Ngebaca balesan Dede, perasaan gue mendadak emosi. Letupan amarah itu seakan bikin niat gue buat bantuin dia mendadak hilang.

"Loh, kok, lo marah ? Maksud gue baik, loh. Asal lo tau ya, sikap yang lo lakuin sekarang gak bakal bisa bikin dia ngajak balikan. Yang ada malah waktu lo kebuang sia-sia! Yaudah kalo lo malah gini, niat gue cuma mau bantu."

Dan chat gue berakhir dengan tanda R.

Jujur saat itu gue beneran emosi. Niat baik gue buat perhatian dan ngasih saran ke dia, tanpa disangka malah disambut begitu. Padahal gue cuma mau bantu temen lama yang gue kagumi semangat belajarnya selama SMA, dan gue gak mau dia terjerumus cuma karena pacaran.

Tapi gak lama setelah itu, emosi gue langsung mereda. Gue bisa memaklumi bahwa mungkin respon dia yang begitu karena hati nya lagi gak kondusif. Tapi, gue gak mau nge-chat Dede duluan. Gue masih ngasih waktu buat Dede nenangin pikirannya dulu. Gue juga gak mau ikut campur terlalu dalam.

Hari-hari yang dilewati Dede jadi nampak berat, terlihat dari status-statusnya. Dede seperti bipolar, orang yang punya dua kepribadian, kadang sedih, kadang berubah marah. Gue gak ngerti kenapa Dede sampe sebegitunya.

Tapi karena sikap Dede, gue jadi inget sama kejadian-kejadian yang menurut gue pelakunya gak punya otak, karena udah melakukan hal-hal gila cuma karena putus cinta. Contohnya kayak gini :

1. Nyakitin Diri Sendiri
Gue gak ngerti pola pikir orang yang ngelakuin ini. Hati nya udah sakit, malah mau nyakitin badan juga. Emang masih kurang kalo cuma hati doang yang sakit ? Hem.

Belum buat biaya berobat, keluar duit lagi. Masa cuma karena putus cinta, lo jadi ngeluarin duit. Emang gak cukup udah banyak ngeluarin duit pas pacaran ? Emang dengan nyakitin diri sendiri, dia jadi mau balikan ? Murahan banget ya, badan sendiri dipertaruhkan demi seseorang yang belum tentu jodoh.

Jangan kayak gini


Darahnya mending di donor, mbak.

2. Males Ngapa-Ngapain
Hasil gambar untuk dampak patah hati
Diputusin dari setahun yang lalu, tapi sakitnya masih berasa sampe sekarang. Tiap mau ngelakuin sesuatu, kalo inget dia, bawaannya mendadak males.

Disuruh makan ? gak mau.

Mandi ? gak mau.

Keluar kamar ? Gak mau.

Jalan-jalan ? Gak mau.

Nafas ? Gak mau.

3. Suka Banding-Bandingin
Hasil gambar untuk dampak patah hati
Saat Dede kelaparan, ia memilih untuk makan di warteg dekat rumahnya. Setelah pesan menu nya, mbak warteg lalu menghampiri dan membawa makanan yang sesuai dengan menu pesanan Dede,

"Ini mas, makanannya.." sambil tersenyum.

Dede menatap balik mbak itu, lalu membalas senyumannya,

"Ini kamu yang masakin ?" Tanya dede.

"Iyalah, mas. Siapa lagi kalo bukan saya ?" Jawab Mbak warteg dengan ramah.

Tiba-Tiba Dede berdiri,

"Terima kasih, ya, mbak. Kamu perhatian banget. Gak kayak mantan saya! EGOIS! BRUKK!!" Diakhiri dengan memukul meja.

Mbak warteg kaget, lalu langsung buru-buru lari ke dapur, kemudian balik lagi dengan membawa thermometer untuk cepat ditempelkan di ketiak Dede.

"Mas, kayaknya lagi demam tinggi.."

4. Cari Pelampiasan
Putus jam 1 siang, jam 2 siang nya udah jalan sama pacar baru. Bukan karena cinta, tapi karena cuma pengen buru-buru move on, sekalian juga biar pamer kalo dia udah langsung punya pacar lagi.

Kalo gini, yang kasian siapa ? Yap, pacar barunya. Udah menaruh hati dan kepercayaan sama dia, ternyata orang yang dipercaya itu macarin cuma buat pelampiasan sama mantannya. Maksudnya biar gak sakit hati, tapi malah nyakitin hati orang.

Giliran gak sengaja ketemu sama mantannya yang juga jalan sama pacar barunya, mukanya langsung bete. Narik-narik pacarnya, minta buru-buru pulang, nyampe rumah langsung nyetel lagu "adelle-someone like you", trus berlutut sambil showeran. Endingnya drama~
Hasil gambar untuk kartun nangis di shower

5. Bunuh Diri
Dari hal-hal gila diatas, menurut gue hal ini yang paling gila dan gak punya otak bagi siapapun yang ngelakuin, meskipun baru niat sekalipun. Kayak contoh satu kasus di malaysia, Alviss kong, remaja malaysia yang lompat dari apartemennya setelah tau pacarnya jalan sama cowok lain. Nih gambarnya :

Masih nyempetin bikin status dulu sebelum bunuh diri.
Gue gak ngerti sama jalan pikirannya. Putus cinta bukan berarti harus putus harapan hidup. Kegagalan dalam hubungan bukan sesuatu yang harus ditangisi, tapi dipelajari supaya gak ada hubungan yang gagal lagi.

Iya, setelah gue teringat hal-hal diatas, gue jadi agak khawatir kalo Dede bakal ngalamin setidaknya satu dari lima hal diatas. Tapi gue yakin, sih, Dede bukan orang yang sebego itu.

Tahun demi tahun pun berlalu, akhirnya Dede bisa terlihat ceria lagi. Udah gak ada status galau nya Dede lagi di recent updates gue.

Malah suatu hari, notif gue bunyi, dan ternyata yaitu chat dari Dede, yang isinya,

"Fif, maaf ya saya udah emosi waktu itu. Lupain ya hehe. Hmm jadi mau maafin saya gak ?"

Gue seneng banget liat chat itu. Tanpa dia minta maaf pun, sebenernya udah gue maafin duluan. Chat itu pun gue bales,

"Haha pastilah. Sorry juga, ya, gue waktu itu malah ikut kepancing emosi hehe. Yaudah yang penting sekarang lo udah sadar, kan. Hahaha"

Dan mulai hari itu, kami jadi lebih akrab. Tiap malem, dede jadi sering curhat sama gue lewat chat. Tapi tiap gue curhatin balik, dia suka ketiduran -_-

Iya, Dede yang gue kenal sudah balik lagi seperti semula. Gak galau lagi, gak suram lagi. Dede si kutu buku, masih sama seperti dulu.

Emang bener kata orang, jatuh cinta itu ajaib. Cinta bisa membuat orang terlena saat merasakan, dan gila saat dipatahkan, seperti yang Dede pernah alami.

Tapi gue yakin, semua itu gak akan terjadi kalo kita percaya, bahwa cinta yang sejati itu akan datang bersamaan dengan waktu dan orang yang tepat.

Gak ada yang perlu ditangisi saat mengalami kegagalan dalam hubungan. Karena dengan kegagalan, kita bakal lebih belajar untuk mengantisipasi agar kegagalan yang sama tidak terulang lagi.

Hasil gambar untuk quotes putus cinta

Untuk kalian yang sedang jatuh cinta, jangan pernah mencintai pasangan kalian terlalu dalam jika belum menikah. Jangan terlalu yakin kalo dia adalah jodoh yang disiapkan Allah swt. Semua itu udah diatur. Ikutin aja skenarionya, termasuk saat patah hati.

"Karena patah hati adalah cara Allah swt untuk memisahkan kita dari cinta yang salah."

Kayaknya itu aja kali ini. Akhirnya gue bisa nulis lagi, setelah tiga minggu belakangan ini rasanya males banget buat ngetik. Mumpung liburan, jadi keasikan jalan :))

Buat elo/temen lo yang punya pengalaman sama kayak diatas, atau mau nambahin hal gila lagi menurut lo, di comment box ya! :)

Comments

  1. setujuuuuu...
    sm quote di atas
    jd skrg dikau sm dede sahabatan donk yak, cie cieee *loh

    ReplyDelete
  2. Hal gila yg dilakukan setelah putus, stalking sosmed mantan yg malah tambah galau. Hehehe :)

    ReplyDelete
  3. jatuh cinta itu lucu, ada saat dimana lu merasa seseorang begitu berarti sampai lu merasa ga akan pernah bisa sempurna tanpa kehadirannya, dan ketika hubungan itu berakhir lu memang merasa sangat lemah dan down.

    tapi lalu datang lagi waktu dimana lu tetbangun dan tidak memiliki perasaan itu lagi, perasaan bahwa lu ga bisa sempurna tanpa dia (mantan) perasaan itu habis dan hilang, lu bahkan bertanya tanya "kok dulu bisa ya sesuka itu sama dia?"

    Dan yg anehnya ketika hal itu terulang lagi, lu jatuh cinta lagi, lu patah hati lagi lu bener bener lupa caranya menghadapi itu lagi 😂
    Lucu kan. haha (eh apa ga lucu?) -___-

    ReplyDelete
  4. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perminggu)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 7 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    Ayok Tunjukkan Skill Anda Sekarang Juga, Hanya Di PesonaQQ.

    ReplyDelete

Post a Comment