Sampai Kapan Mau Nyontek ?

Sekolah dan Ujian Nasional : Sebuah Ironi Lembaga Pendidikkan

Gue pernah denger kasus dari kakak kelas gue, dia paling jago dalam bidang pernyontekan. Suatu hari ketika menjelang Ujian Nasional. Entah kenapa dia masih bisa santai-santai, kecepatan belajar nya aja ga beda jauh sama larinya Banci kegerebek trantip. Tapi saat Ujian Nasional, dia keluar masih dengan muka santai, tanpa beban. Ternyata selama di dalam ruangan, dia terus-terusan nengok belakang buat nyalin jawaban temennya yang lebih pinter dan yang pasti udah belajar seharian. Dia optimis. Namun belakangan dia baru nyadar, kalo temen yang dia contekin itu ternyata beda paket soal. Dan dia pun ga lulus UN. Happy ending!

Oke, cerita gue diatas adalah salah satu dampak dari nyontek. Gini deh, Pernah ujian kan ? Pernah ditegor guru karna nyontek kan ? Pernah bela-belain nulis contekan yang panjangnya kayak bon utang negara kan ? Ngaku aja deh... gue juga pernah soalnya. Sebelum ujian atau ulangan, pasti bakal ada himbauan dari pengawas agar peserta ujian tidak nyontek dan ada hukumannya kalo ketauan, pasti. Sekarang gini, yakin ga kalo guru cuma "speak" doang ? Kan banyak tuh guru yang begitu, eh akhirnya ya kayak biasa aja, yang nyontek ya asik nyontek...Yang belajar ya sibuk ngasih contekan. Seakan di dunia pendidikan kita ini ada pepatah yang bilang, "Ga nyontek, ga gaul" atau "Ga nyontek, ga lulus". Sehingga di akhir penilaian seringkali ada kesenjangan nilai antar siswa. Maksudnya, tidak jarang murid yang ga belajar lebih besar dari yang belajar seharian. Apalagi kalo caranya bukan dengan nyontek ? Iya, ini kampret.

Nyontek awalnya ga akan muncul di diri kita kalo kita bener-bener nanemin prinsip dari awal kalo, "Gue sekolah buat nyari ilmu, bukan nyari nilai". Budaya nyontek pun sebenernya muncul dari pergaulan. Contohnya gue, dari jaman TK sampe 6 SD, gue ga pernah yang namanya nyontek, sesusah apapun soalnya. Tapi saat gue kelas 1 SMP, entah kenapa saat ujian, gue dikelilingi orang-orang yang lagi pada asik sedekah jawaban ke temannya yang tidak mampu. Sialnya gue berfikir, "satu aja fif.. satuuu.." Kampret. Lama kelamaan, peribahasa "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" pun muncul di kehidupan gue. Budaya Nyontek yang pada masa SD gue benci, tiba-tiba masuk ke otak dan hati gue sampe sekarang. Gue kayak biasa aja minta jawaban orang lain, gue kayak ga ngerasa gimana susahnya ngapalin teori. Iya, ini awalnya. Awal nilai gue menurun dengan drastis nya. Bayangin aja, dari kelas 1-6 SD gue ga nyontek sama sekali, alhasil ranking gue selama di SD selalu 3 besar. Tapi, setelah gue terbiasa nyontek. Semangat belajar gue pun jadi luntur, kalo digambarin dengan persentase, mungkin yang awalnya dari 80 % sekarang cuma 20 %. Iya, ini miris. Gue sedih. Akhir-akhir ini gue lagi nyoba buat dikit demi sedikit ngurangin asupan jawaban ujian orang lain di otak gue. Gue mau balik ke yang dulu lagi. Susah sih, tapi itulah proses. Nyari medali ga segampang nyari kotoran. Gue mau pola belajar SD gue balik lagi di masa kuliah gue.

Setelah gue selidiki, ternyata wabah nyontek ini udah bukan di lingkungan pelajar aja. Konon wabah ini sudah sampe menjalar ke orang yang udah ngasih kita ilmu dan ngajarin kita kalo nyontek itu dosa

Guru seharusnya jadi panutan bangsa.








Gimana Bangsa Indonesia ini mau maju kalo penerus harapan bangsa nya aja begini ? Bukannya gue sok-sok kritis dan paling suci disini, tapi jujur gue agak prihatin sama pendidikan di Indonesia. Ga heran kalo pemerintah akhirnya bikin kurikulum baru yang pola belajar nya lebih kepada pendidikan moral. Karena emang ga bisa dibohongin, moral orang-orang Indonesia sekarang ini udah bobrok. Contoh simpelnya ya apa yang lagi gue bahas ini.

Apalagi ngeselinnya, kalo lo ga mau ngasih contekan, lo bakal di-cap pelit, dan lo ga akan punya temen. Nah kalo gini, siapa yang berani mulai duluan buat ngilangin kebiasaan nyontek ini ? Inget, Allah SWT udah ngasih anugerah otak buat lo, jangan lo sia-siain cuma buat kepentingan duniawi. Lo nyontek karena lo cuma mikir jangka pendek, alias cuma buat nilai bagus. Lo ga mikirin gimana kalo lo nanti kerja, ilmu apa yang udah lo dapet di sekolah. Semoga postwit gue ini bisa mencerahkan otak kalian kalo kebiasaan ini ga bagus. Dan semoga, lo yang baca tulisan gue ini bisa lulus UN dan/atau mengalami grafik nilai yang meningkat. Aamiin...




Comments