Sejarah AUTIS FC

Sekilas terdengar aneh, iya aneh banget. Jarang ada orang yang mikir nama seaneh ini buat sesuatu yang menurut dia berharga. Emang dulu ga terlalu berharga sih, ini awalnya cuma buat iseng-iseng, dan nama ini pun hasil dari pemikiran sesaat. Bukan... Grup ini bukan kelompok gay atau geng motor lansia. Grup ini adalah Kelompok pertemanan atau tetangga david beckham biasa nyebutnya FriendshipClub. Didirikan tahun 2011, kita ga tau persis kapan tanggal nya, yang jelas, ini pas kita kelas 9. Iya, sebelum UN. Ini mungkin cara kami buat kabur dari bayang-bayang soal dan pengawas UN.

Awalnya, muncul nama 3G ( Trio Gokil ), yang digawangi oleh Rendi Fauzi (Isek), Lodewijk  (Ewik), dan gue, Afif Riwandi. Grup ini mulai memberi pesona yang luar biasa sehingga membuat orang-orang disekitarnya tertarik ingin gabung. Muncul lah 2 orang pendatang baru, yakni Dippos Pasadena dan Rizky Aditya. Karena jumlah militer yang tidak 3 lagi, itu ga memungkinkan gup ini untuk memakai nama "Trio" dibelakangnya, sehingga muncul nama.... Five-Man. Awalnya mau Max-5, tapi karena tampang kami terlalu..err... untuk level Boyband, jadi kami ganti. Tapi memasuki masa-masa menjelang UN, grup ini belum vakum dan malahan kemasukan beberapa nama yg daftar jadi pasukan, diantaranya Miftah Faqih, Dwiki Bahtiar, dan 7 orang lainnya. Lagi-lagi disebabkan karna jumlah pasukan, kami tidak mungkin pake nama "Five" lagi, akhirnya grup ini pun untuk beberapa hari kedepan tidak mempunyai nama. Sempet mencari nama yang keren, menakutkan, dan agak kebarat-baratan. Tapi tetap aja kami kesulitan buat nentuin mana yang cocok. Hmm oke bentar, mungkin ini sedikit absurd, tapi nama AUTIS FC ini muncul saat gue main master league original team PES 2009 di hape nyokap gue, disaat gue masukin nama orang-orang itu, tiba-tiba makhlus halus di samping gue bilang "AUTIS FC", dan akhirnya gue pake nama itu! Yaa alhamdulillah bertahan sampe sekarang :)

Sepulang sekolah, kami jarang untuk langsung pulang sekolah dan selalu diisi dengan bermain futsal. Lapangannya di Annur, sebuah lapangan kecil bergawang dan lokasinya dekat masjid yang bikin kita ga bisa lupa sama Sang Pencipta. Kita juga punya wasit lho! Bukan... Ketua RT disana ga pernah ngusir kita kok, meskipun pernah marah gara-gara Ewik pernah jemur baju berkeringat babi gurun pasir diatas gawang itu. Iya dia marah, dia marah karna itu baju katanya ngerusak pemandangan komplek. Padahal gue liat ga ada masalah kok, cuma ada beberapa kambing yang bunting mendadak, nenek2 renta shuffle, sampe bayi baru lahir mendadak masuk lagi karna liat jemuran lepek itu, selain itu.. alhamdulillah gue ga liat lagi.

Wasit yang kami punya itu berasal dari masjid. Iya, Masjid Annur itu tadi. Kami mulai main kira-kira setengah jam setelah pulang sekolah. Yaa sekitar jam 2an lah! Disana, kita main acak2an, Inget! bukan karena kami ga ada skill, tapi hanya karna saat itu kami masih kekurangan asupan skill. Tidak peduli hari itu panas atau ujan deras sekalipun, semangat kami adalah semangat muda, ini hidup kami, kami akan lakukan sesuka hati, yang penting tidak ada yang merasa terganggu dan kami pun bahagia *turun podium* *kibarin bendera slank*. Permainan kami pun berakhir ketika muadzin meniup peluit panjang berupa kumandang adzan ashar. Kami pun serempak solat ashar disana, meski kadang-kadang langsung pulang karena cape parah dan baju sudah kotor, tapi kita tetep kok sholat dirumah :) #AnakSholeh #GaMauRiya

Autis FC sempet vakum 2 bulan akibat persiapan UN, tapi saat masa-masa Try Out, kami tetap ngumpul-ngumpul. Kami ngelakuin ritual pencerahan otak akibat Try Out dengan Nge-Pes di rumah Ewik, dan kebetulan rumah Ewik ini tetanggaan sama guru kami. FYI, guru kita yang satu ini, sebut saja Bu Nunung, paling susah dijinakkin. Kalo ngomong sekali pasti langsung bederet ke topik lain, tapi baik sih orangnya... Waktu lagi main, si Rizky heboh banget, ngomel-ngomel ga jelas karena pemain suruhannya salah passing mulu, dan akhirnya ngebuat dia kalah telak. Gue gatau ini karena faktor salah pilih tim atau skill PES dia yang kurang, tapi yang pasti karena kehebohannya, mba nya Ewik teriak dari teras rumah dan bilang :

" Wik, kamu sama tementemen kamu disuruh ke rumah bu Nunung tuh.. "
" Ngapain ? "
" Ga tau, udah sana! Ditunggu tuh... "
" Iya iya... "

Feelling kita pun ga enak, semua berbaris dan berebut posisi paling belakang. Jalan lambat... hingga akhirnya sampe di TKP. Bu Nunung ternyata ga sendiri, disana juga ada Pak Mubarok, dia guru Olahraga yang kebetulan lagi "ngapel" ke rumah Bu Nunung. Saat kita dateng, kita langsung disapa dengan kalimat :

" Oooh ini anak-anak pinter yang ga butuh belajar buat Try Out ? "

Kita panik sekalipun seneng. Panik karena takut dimarahin, seneng karena sebelum dimarahin sempet dipuji dulu.

" (Just Smile) "
" Gimana tadi bisa ga Try Out nya ? "
" Bisa bu, alhamdulillah.. "
" Besok jadwalnya apa ? "
" Matematika "
" Yakin bisa ? "
" Engga bu.. "
" Lah klo gitu ngapain pada main ? mentang-mentang pulang cepet.. "
" Kan bentar doang bu, abis ini kita belajar kok.. "

Firasat gue pun bener, gue berempat mendadak dapet siraman rohani dari mereka berdua. Gue gatau harus bilang apa pada saat itu, gue cuma pura-pura nyimak serius, pasang ekspresi paling bersalah, dan cuma bisa jawab "Iya". Sialnya, mereka juga sempet nyeritain masa lalunya waktu SMP. Hingga akhirnya jadwal hari itu yang seharusnya "Mari mencerahkan otak dengan Nge-Pes "berubah menjadi " Satu Jam lebih dekat bersama Bu Nunung dan Pak Mubarok". Err...

Ujian Nasional tiba..! Tapi hati gue ga cemas-cemas amat, ga sesuai sama estimasi yang dikasih guru-guru dan media-media tentang gagal lulus UN. Tapi bukan berarti gue belajar enteng, gue sempet ikutan Bimbel cuma buat persiapan UN, gue juga 3 hari bersemedi di rumah buat belajar abis-abisan. Alhasil, di ruangan pun gue ga nyontek sama sekali. Tunggu, ini bukan karena gue pinter, tapi cenderung karena gue duduk paling depan dan temen gue yang di kanan kiri belakang semuanya beda paket soal :'( But, I'm sure i can finish this test well ! *pensil 2B pun mengebor di LJK dengan cepat*
Tangan gue sempet berenti, mata gue sempet ga ngedip, kaki gue pun lumpuh, tampang gue pun sempet kece, itu karena Wali Kota Tangerang Selatan, ibu Airin Rahmi, juga 5 menit ngawas ruangan gue. Selain itu, wartawan dari TV Daerah juga ngeliput suasana ujian di ruang gue. Ujian makin mencekam. *kemudian keluar tetesan darah dari tembok kelas*
Bel sekolah, ujian selesai, gue sedikit takut sama hasil gue. Tapi dalam hati gue, masih ada keyakinan keren kalo gue bisa lulus dan Nem berkecukupan.

Kurang lebih 1 bulan kita libur, libur yang benar-benar libur, libur dari tugas yang buasnya lebih dari buaya darat. Iya, kita manfaatin itu untuk main sesering mungkin. Kalo dihitung-hitung, seminggu bisa sampai 5x, dan itu kita cuma Nge-Pes, Futsal, Badminton, dan nongkrong-nongkrong sehat (Maksudnya tanpa rokok). Tapi seru kok! Apa sih yang ga seru kalo udah ngumpul bareng-bareng gini ?? Di masa-masa inilah, waktu yang keren buat banyakin Futsal. Awalnya, kita emang diajak aduan sama tim lain dan diawal pertandingan selalu pasang muka pesimis, apalagi pas ngeliat lawannya pake jersey, bayangan kita cuma jago.... kalah..... bangkrut. Tapi apa yang terjadi ?? Kita bahkan unggul 5 gol di awal main, sebelum dikejar jadi beda 2 gol, bahkan di tengah pertandingan kita sempat ketinggalan 2 gol. Kita panik, shock! Bayang-bayang kekalahan semakin mendekat. Hingga akhirnya kita ubah formasi semula dan susunan pemain menjadi lebih bervariasi sehingga kita berhasil nyamain kedudukan dan berakhir..... Jebret!!! Menang beda 2 gol !! "This first match, guys! And we won!!" :D Kita pun berhasil pulang dengan muka sok jago, jumawa, dan fresh.

Keesokan harinya, kita masih cerita-cerita tentang kemenangan kemarin, kemenangan yang dramatis dan penuh semangat timnas U-19 di AFF 2013 lalu. Saat ngumpul-ngumpul, kita semua kompakan buat nyoba main bulutangkis, permainan yang emang bukan bakat klub ini, tapi kenapa engga buat dicoba ?
Akhirnya sore harinya kita pergi ke GOR terdekat. Dengan skill yang amat sangat.... biasa, dan permainan yang sangat amaat.... Standar. Kita pun dengan PeDe nya ngupload video lagi main bulutangkis ke youtube dengan harapan bakal jadi Top View diatas video SMP 4 dan jadi terkenal kayak Sinta-Jojo.
                          
Singkat cerita, kami banyak diajak futsal sama tim yang kita anggap kemampuannya diatas kami, ya, selalu diatas kami. Tapi kami ternyata mampu menang, menang, dan menang lagi. Ini akibat kemenangan beruntun kami di tiap laga nya, kami pun terbawa euforia. Hingga akhirnya kami bikin grup bahkan fanpage di Facebook. Bukaan... Ini bukan Fanpage nya fans Kangen Band atau semacam dukungan buat Olga-Jessica jadian. Ini fanpage klub yang telah ngebuat skill futsal gue nambah. Grup ini banyak posting tentang jadwal pertandingan, hasil pertandingan, sampai ngobrol-ngobrol santai antar sesama Anak Autis. Autis disini bukan penyakit ya! Autis disini kami anggap sebagai singkatan dari.. Anak Udik Tapi IStimewa !! (y) *dengan nada cherrybelle*. Iya, itu kata Fajar. Bagi yang mau buang-buang waktu, ini linknya hehe...



Yang diatas itu Fanpage nya, yang ngelike banyak kan ?



Nah yang ini grup nya... Liat hasil pertandingan nya yang awal-awal aja ya!

Setelah 2 tahun berkutat di Facebook, kami pun mulai ikut menyesuaikan diri ngikutin perkembangan zaman. Zaman sekarang adalah zamannya twitter, jejaring sosial yang dimana anak-anak alay mulai berimigrasi dari facebook ke twitter dan meramaikan timeline dengan ngemention artis, seperti :

@CmuaChayangqu: Clmat pagee qq.. folbek donk :* RT @VidiAldiano: Selamat pagi... "

Kami bikin akun twitter buat grup ini juga. Bukaan... tujuannya bukan buat mention artis kayak tadi, kita bikin buat iseng-iseng aja, buat kenang-kenangan kalo badan kita udah setinggi pohon kelapa nanti. Akun ini berisi ga beda jauh sama grup di Facebook kita dulu, masih berisi tentang hasil, jadwal, dan ngobrol-ngobrol santai antar Member. Bagi yang penasaran juga dan masih ada banyak waktu, nih linknya...


PERHATIAN ! Jangan liat followersnya!

Sampe sekarang, akun ini masih aktif dan akhir-akhir ini bahkan kembali aktif. Iya, kami tau padahal ini udah deket sama UN. Gue pun mikir, kenapa kita harus kembali aktif pas mau menjelang UN sih ?? Tapi gapapa, gue ngerasa ini ga ganggu pola belajar gue buat UN. Kan mainnya jumat atau sabtu aja, jadi ga masalah, hitung-hitung buat refreshing kan ;)

Ini grup gue, grup yang bikin gue kenal sama anak-anak crazy and absurd di Tangsel a.k.a Tangerang Selatan ini. Ga eksis ? Emang bukan itu tujuannya. Grup ini cuma buat wadah hepi-hepi aja, hepi-hepi yang ga ngerugiin siapapun, hepi-hepi sehat dan ga bakal bikin onar. Meskipun ada beberapa masalah karena kesalahan sendiri, itu kita anggap sebagai pelajaran hidup. Pelajaran yang ga bakal kita dapetin di sekolah, bahwa :

" Bagi gue, kebersamaan itu seperti Futsal. Kalah, kalau dalam satu tim masing-masing pemain bermain individual. Tapi bisa menang, kalau mempunyai kekompakan dan keyakinan antar pemain. "

Kayak grup ini, yang awalnya hanya Friendship Club, sekarang malah cenderung ke Futsal Club. Awalnya juga ga bisa main futsal, tapi lama-lama kelamaan bisa dan bahkan sering bikin kejutan dari tim-tim tangguh lainnya. Semua karena kebersamaan. So, togetherness is everything, bro!


Comments