Tipe-Tipe Temen Yang Ngeselin Saat Ujian

Ujian Sekolah Penentu Kelulusan Siswa. Foto: Dokumen JPNN.com


Alhamdulillah akhirnya mood ngeblog gue balik lagi. Gue emang suka gitu, kalo mood lagi bagus, biasanya gue langsung nulis di blog atau lanjutin novel yang gak kelar-kelar dari bulan april. Kalo mood gue setengah-setengah, biasanya gue ngepes dulu buat ngumpulin mood. Tapi bukannya terkumpul, yang ada malah capek, dan akhirnya tidur. Dan kalo mood gue lagi jelek, gue gak segan-segan ngebunuh Singa jantan yang depresi setelah diputusin Singa betina karena masalah orang ketiga. Galak ya gue ? Singa normal aja serem banget, apalagi singa depresi. Untung aja gue gak ngadepin singa PMS. Singa PMS itu hewan buas nomor satu, kebuasannya bisa makan jerapah dengan sekali tenggak tanpa dikunyah. Menurut gue. Soalnya, siapapun yang lagi PMS, emang suka nyeremin gitu sih.

Udahan ngomongin Singa PMS nya. Balik lagi ke munculnya mood gue buat ngeblog. Dari minggu kemarin, gue lagi sibuk-sibuknya uts. Iya, ini uts pertama gue sebagai mahasiswa. Makanya gue pengen dapet nilai yang bagus, biar nanti gue di cap sebagai anak lulusan IPA yang pinter ngerjain soal IPS. Tapi kayak biasanya, materi yang udah gue hafal semaleman tiba-tiba ngeblank waktu dosen, apalagi yang killer, masuk ruangan.

Kayak 2 temen gue ini, yang gue personifikasikan jadi karakter lain, sebut saja namanya Parmin dan Supri. Mereka punya karakter yang amat sangat jauh berbeda. Parmin, si cowok pinter yang kutu buku. Setiap ada buku, dia bakal duduk dan langsung membacanya. Kemarin gue liat, parmin lagi baca buku di zebra cross. Karena dia nemu buku itu waktu lagi nyebrang. Sedangkan Supri, adalah pemalas yang kerjaannya cuma makan, tidur, dan boker. Supri ini orangnya males baca buku. Tiap deket buku, darahnya selalu keluar dan mengalir deras. Pernah Supri dilariin ke UGD waktu ngedeketin buku selama 5 menit karena menderita anemia.

Seperti biasanya, menjelang ujian, Supri tetep males belajar. Semaleman dia habiskan cuma buat begadang nonton Dunia Lain. Kalo celana nya udah basah, artinya Supri udah nyerah. Itu yang bikin Supri keliatan macho banget di sekolah. Tapi karena apa yang dilakuin Supri barusan, membuat ujian nya terasa amat mencekam. Lebih mencekam dari ngeliat gebetan lagi jalan sama cowok lain. Apalagi Supri punya temen kelas yang ngeselinnya kayak gini :

1. Ngaku Gak Belajar, Biar Gak Dicontek

Parmin masuk kelas dengan ekspresi wajah tegang. Mukanya begitu berkeringat, persis kayak abis boker tapi gak ada satupun yang keluar. Kemudian ia mencari tempat duduk dan diam sejenak di kursinya. Semenit kemudian, Supri menghampiri Parmin lalu bertanya, "Min, lo udah belajar?" Parmin terdiam, lalu menjawab dengan tampang lesu, "Belum nih pri. Rumah gue kemarin mati lampu. Jadi gak bisa belajar."
Namun apa yang terjadi ? saat ujian berlangsung, Parmin tampak tenang sekali mengerjakannya. Bahkan, Parmin jadi orang pertama yang selesai duluan. Ternyata, Supri kena tipu. Parmin sudah belajar seharian dan gak mau hasil belajarnya dikasih ke orang lain gitu aja. Supri pun cuma bisa diem sambil jilati-jilatin pulpen.

2. Super Express

Waktu ujian masih tinggal 1 jam lagi, tapi Parmin sudah terlihat santai dan mulai melemaskan otot-otot nya. Lembar jawabannya sangat penuh dan mudah untuk dibaca. Parmin memang anak yang teliti, dia tidak mau ada satu jawaban pun yang kalimatnya aneh atau gak mudah dimengerti. Bahkan di akhir lembar jawabannya, selalu ada tanda tangan Parmin. Tujuannya, biar hasil pekerjannya gak ketuker sama orang lain.
Karena Parmin sudah selesai. Pengawas jadi berfikir bahwa waktu ujiannya udah sebentar lagi. Alhasil, guru/dosen yang udah mulai ngantuk mengawasi kita, mendadak jadi seger lagi dan mulai mengelilingi ruangan untuk mengawasi seisi kelas. Supri pun merobek-robek kertas soal, lalu mengunyahnya.

3. Jawaban Palsu

Supri terlihat frustasi dan makin sering tengok kanan kiri untuk nanya jawaban ke temennya. Saat menengok kanan, Supri melihat pengawas lagi baca mantra pemanggil jin untuk bantu ngawas ruangannya. Saat menengok kiri, Supri melihat Parmin di luar jendela lagi melihat ke dalam ruangan. Saat itulah, Supri gak mau kesempatannya terbuang sia-sia. Dia langsung memanggil Parmin dan bertanya. "Min, bapak proklamasi kita siapa namanya ?" Mulutnya bergerak lebar, namun tidak mengeluarkan suara. Dari kejauhan, Parmin menjawabnya dengan cara yang sama, "Rhoma Irama, pri". Mendengar jawaban Parmin. Supri langsung ngupasin kulit pake cutter. Sycho!

4. Pinter, Baik, tapi Tulisannya Jelek

Setelah berulang kali pertanyaan Supri gak digubris sama Parmin. Untuk pertama kalinya, Parmin mau menjawab pertanyaan Supri, dengan syarat, Supri mau Parmin ngasih sobekan kertas untuk nanti dia tulis jawabannya disitu. Supri menyetujui permintaan Parmin. Ia langsung merobek kertas, dan melemparkan sobekan itu ke luar jendela. "Mengapa Indonesia disebut negara maritim ?", pertanyaan itu yang ada di dalam sobekan kertas milik Supri. Parmin pun segera menjawab, "Karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah lautan." Namun Parmin ternyata punya gaya tulisan yang gak beda jauh sama symbol di microsoft excel. Tulisannya berantakan, gak kebaca. Supri pun kemudian mencabut ujung pensil, lalu menindiknya di bola mata.

5. Ngasih Jawaban.... Pas Ujian Udah Kelar

Karena waktu ujian sudah habis, Supri terpaksa mengumpulkan jawabannya dengan tertinggal 5-6 soal lagi yang belum terjawab. Supri sangat frustasi, wajahnya pucat, karena remedial menghantui dirinya. Saat keluar dari ruangan, Parmin menghampiri Supri lalu berkata, "Jadi gini loh pri, jawaban bapak proklamasi itu Pak Mohammad Hatta. Kalo negara maritim itu, karena Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah laut. Gitu.." Mendengar perkataan Parmin, Supri diam sejenak, lalu berkata : " Ketek babi ! Ujiannya udah kelar! "


Ada gak temen lo yang sifatnya mirip sama salah satu tokoh diatas. Gue sih ada. Kalo lo ? Komentar di comment box ya!



Comments