Ketika Harapan Seperti Cahaya

"Kamu kemana, aja ? Aku nungguin lama tau di parkiran..", ujar cewek anggun, lembut, dan berhijab. Ditambah gingsul di giginya yang membuat wajahnya amat manis jika tersenyum.

Itu adalah kalimat dari dia yang gak mungkin gue dapetin lagi sekarang ini. Jangankan ngomong kayak gitu, ngomong "hai" aja gak pernah. Jangankan nyapa atau ngobrol, chatting aja sebulan sekali. Jangankan chatting deh, liat-liatan aja malu-malu babi. Padahal dulu, tepatnya saat pertama kali kenalan, hampir setiap hari kita chattingan. Entah siapa duluan yang memulai, kadang dia, tapi lebih sering gue. Rasanya ada yang kurang aja kalo sehari itu gue gak ngechat dia.

Selama kita deket, kita selalu ngusahain buat saling ngobrol berdua aja, tanpa ada yang ganggu. Selama kita ngobrol, pelajaran yang biasanya ngebosenin dan bikin gue selalu pengen buru-buru balik, hari itu rasanya jadi pengen gue lamain. Kalo bisa, seharian itu pelajaran dia aja, deh. Jadi disaat pak dosen sedang sibuk jelasin materi, dan mahasiswa lainnya sedang tidur nyenyak. Kita malah asik bercanda dan ngobrolin apa aja yang sama-sama kita suka. Kebetulan, obrolan kita emang nyambung. Iya, fisik gak menentu itu cewek bakal gue perjuangin atau engga, tapi sikap dan kenyamanan lah yang bikin gue cepet suka sama cewek itu, bahkan disaat gue baru mengenalnya. Karena bagi gue, pacar itu bukan seseorang yang abis ditembak, lalu diajak jalan malam mingguan, trus namanya dipake buat pasang status di bbm. Tujuannya, ya, biar semua orang tau. Kalo gue, sih, gak pernah kayak gitu. Karena bagi gue pribadi, pacaran itu tentang kepercayaan, bukan perayaan. Jadi gak mesti terlalu diumbar. Biarlah gue sama dia aja yang ngerasain. Tapi semua orang berhak tau. Tau darimana ? dari sikap kita masing-masing, bukan dari status bbm, hehe. Dan kalo pacar lo ngambek karena namanya gak ditaro di bbm, itu artinya dia belum percaya sama lo. Makanya, perlu komitmen dulu sebelum bener-bener ngejalanin hubungan. Biar gak ada lagi masalah sepele yang diributin sewaktu pacaran. Bentar, kok, jadi serius gini, ya ?

Balik lagi ke masa pendekatan gue. Selama dua bulan deket, gue ngerasa belum ada progress dari hubungan kita. Yang ada malah... mau nyamperin, takut malu. Mau ngobrol, takut canggung. Mau main ke rumahnya, takut dikira minta sumbangan pembangunan masjid. Pokoknya semua yang gue lakuin ke dia dulu, sekarang malah tertutup rasa malu. Malu buat memulai, takut ngeganggu, dan sebagainya. Iya, emang salah satu hal yang paling sulit dalam hidup ini adalah, memulai sesuatu yang baru.

Tanpa sadar, semakin gue gini terus, semakin jauh juga gue menciptakan jarak antara gue ke dia. Hingga suatu hari, seperti yang pernah diduga sebelumnya, gue dapet kabar kalo dia udah naksir sama cowok lain, dan itu bukan gue. Umm... sempet deket, belum nembak, tapi keburu direbut orang. Rasanya kayak lagi main game bola di ps, udah berhasil gocek-gocek dan tinggal berhadapan sama kiper, pas mau nendang, tombol kotaknya rusak. Nyesek.

Iya, kadang harapan itu seperti cahaya, menerangi, tapi gak bisa kita raih. Harapan gak harus tentang cinta kayak cerita diatas, kok. Tentang pekerjaan, pendidikan, atau apapun yang kalian ingin raih juga bisa. Asal jangan tentang pesugihan aja.

Menghadapi masalah kayak gitu, biasanya orang yang ngerasain pastinya langsung galau, nangis-nangis dibawah shower sambil muterin lagu glenn fredly, atau bunuh diri dengan lompat dari gedung setinggi..... lima meter.

Awalnya emang gitu, semua manusia pasti pernah ngerasain yang namanya kecewa, patah hati, dan hancur. Itu manusiawi banget. Tapi, belakangan ini, gue baru nyadar, hidup cuma sekali, harusnya gak boleh sepahit itu. Lagipula, hidup itu gak sepahit yang banyak orang bilang, kok. Semua tergantung dari persepsi kita aja.

Allah swt udah menyusun jalan hidup kita, pahit manisnya harus kita terima. Yakin aja, semua kejadian pasti ada hikmahnya. Jangan pernah menyesali kegagalan, karena tanpa kegagalan, kita gak bakal belajar.

Nah, kalo menurut gue, ada tiga hal yang harus dibiasain dalam menyikapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan, yaitu :


1. Ikhlaskan

Gak semuanya apa yang kita mau, harus jadi milik kita. Kayak tadi, meskipun kita naksir nya cuma sama dia, tapi kalo Allah swt berkehendak lain, ya, terima aja lah. Gausah lebay dan kebanyakan drama. Nyesek, sih, pasti. Tapi itu semua cuma dirasain di awal. Karena gue selalu percaya, dibalik kegagalan hari ini, Allah swt pasti sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik lagi di lain hari.

2. Move On

Katanya ikhlas, tapi masih suka stalking. Katanya happy aja, tapi masih suka masang dp galau. Katanya mau ngejauh, tapi masih suka minta pulsa dari kantor polisi. Hey, move on itu gak mesti ngejauh atau bahkan ngebenci, kok. Banyak yang lupa, kalo move on itu tentang mengihlaskan, bukan melupakan. Lagi-lagi, biarlah yang lalu gagal, dan jadikan pelajaran. Mencoba dewasa, dan terus belajar dewasa. Biar kalo ketemu dia lagi, lo masih bisa senyum dan seolah-olah gak pernah ada apa-apa. Keep smile. :)

3. Intropeksi diri

Enggak bosen-bosen gue ingetin, biarlah yang lalu gagal, dan jadikan pelajaran. Kenapa harapan kita itu bisa gak sesuai harapan ? Kenapa dia gak suka sama kita ? Kenapa jagung ini dibakar ? Err.. engga, sorry bukan itu. Pokoknya, ya, kenapa kita bisa gagal saat ini ? pasti karena ada yang salah dengan kita. Mulailah berbenah dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kegagalan itu bagi gue adalah, jembatan yang bisa menghubungi kita dari sifat yang baik, jadi yang jauh lebih baik lagi. Mungkin, semakin banyak kita gagal, semakin baik juga diri kita. Itulah pentingnya tawakal, ikhtiar, dan jangan pernah nyerah. Jadi, sebelum kita masang target untuk mencapai harapan itu, kita juga harus menilai apakah diri kita udah pantas ngedapetin harapan itu. Simpelnya, sih, gitu.

Hasil gambar untuk harapan

Sekian postingan gue hari ini. Materi yang gue bahas barusan hasil dari blog walking dan pengalaman pribadi gue yang gue dapet baru-baru ini. Yang pasti dari pengalaman ini, gue jadi tau, kalo harapan yang pupus itu bukan untuk ditangisi, tapi dipelajari supaya gak ada harapan yang pupus lagi. Ciao!


Comments

  1. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :) Tapi, kayaknya lo udah pernah mampir, deh ? :)

      Delete
  2. Sakit hati adalah pelajaran agar manusia makin hebat. Bersyukur dan bersabarlah.
    Banyak cewek mah, kalau bosen ke cowok juga lumayan banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, bro. :)

      Lah, di dunia ini jumlah cewek lebih banyak dibanding cowok. Kalo lo masih milih cowok juga, mending buru2 ke psikiater, deh! :p

      Delete

Post a Comment