Ngabuburit, Biasanya Ngapain ?

Hasil gambar untuk ngabuburit ramadhan

Selamat pagi, siang, sore, atau malem! Ya kapanpun waktu kalian baca ini, pokoknya selamat. Sorry gue baru bikin postingan baru lagi hari ini, bahkan di akhir bulan. Terakhir gue bikin postingan, waktu tanggal 29 mei, itu pun cuma nulis lirik lagu. Iya, kebetulan itu liriknya pas banget sama... ah sudahlah. Yang jelas, gue tetep bakal nulis satu postingan setiap bulannya. Makanya kalo hari ini gue masih gak nulis juga, itu artinya misi gue buat nulis satu postingan per satu bulan resmi dinyatakan gagal. Hufft.

Mungkin udah terlalu lewat juga gue buat nulis postingan tentang ini. Tapi daripada di bulan Ramadhan ini, di blog gue gak ada postingan tentang hal-hal yang berbau kegiatan islami, jadi gue putuskan untuk tetap nulis postingan ini, meskipun telat. Karena better late than nothing, bukan begitu ? :)

Sebenernya niat gue buat nulis materi ini udah ada sejak berminggu-minggu sebelumnya, bahkan sejak sebelum Ramadhan. Tapi maaf, baru bisa gue posting sekarang, karena jadwal gue akhir-akhir ini lagi lumayan sibuk. Jadi ceritanya, sekarang gue lagi aktif-aktifnya nyari info lowongan pekerjaan buat part time kayak gue, yang cuma bekerja buat ngisi waktu liburan aja. Karena di liburan ini, gue sama sekali gak dapet uang jajan, sedangkan libur kuliah sampe dua bulan. Jadi, darimana gue bisa beli ini-itu di rentan waktu dua bulan ini, kalo bukan dengan bekerja ?

A. Ngepet
B. Jual Ginjal
C. Malak Ortu Gebetan

Yap, benar. Jawabannya adalah... THR !!

Selain sibuk nyari kerja, alesan berikutnya kenapa gue susah buat nulis postingan lagi adalah, karena kondisi kuota dan waktu selalu gak sinkron, sama kayak pacar yang udah bosen sama pasangannya dan selalu nyari-nyari perbedaan biar putus. Iya, begitulah keadaan waktu dan kuota pada bulan ini. Giliran waktu ada, kuota gak ada. Giliran kuota ada, waktu gak ada. Giliran kuota dan waktu ada, pacar gak ada.

Eh iya, gimana puasa hari ini ? Lancar-lancar aja, kan ? Yaelah, cuma nahan laper sama haus doang mah gampang. Yang susah itu satu, nahan perasaan. Bertahun-tahun naksir, tapi gak pernah diungkapin. Itu baru susahnya level hokage ~

Tapi sebenernya, puasa itu bukan sekedar nahan laper dan haus aja, ya. Ada yang bener-bener harus kita jaga juga saat puasa, yaitu nafsu, seperti nafsu pandangan, perasaan, dan ucapan. Iya, soalnya kadang gue liat di jalanan, kalo gue lagi naik motor, masih ada aja pengendara yang ngomong kotor ke pengendara lainnya, seperti Kuman! Bakteri! Noda kerah baju! dan hal yang berbau kotor lainnya. Padahal pengendara itu cuma gak sengaja nyenggol kaca spion, dan gak bikin kerusakan juga. Emm mungkin, tingkat rasa lapar seseorang selalu berbanding lurus dengan tingkat emosi yang dimilikinya. Mungkin.

Di bulan puasa kayak gini, banyak kegiatan yang di bulan-bulan biasa rasanya biasa aja, tapi di bulan ramadhan dianggap penting. Iya, karena kegiatan-kegiatan itu bisa bikin kita lupa waktu, dan gak berasa kalo waktu berbuka udah deket. Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakuin menjelang berbuka puasa itu, biasa disebut ngabuburit.

Nah, di postingan kali ini, gue bakal berbagi hal yang gue tau tentang apa aja cara ngabuburit orang-orang, sambil menunggu waktu berbuka, diantaranya...

1. Jalan-Jalan
Hasil gambar untuk ngabuburit ramadhan
Kegiatan ini biasanya dilakuin mulai jam 4 sore atau abis salat ashar. Entah itu cuma sekedar muter-muterin komplek, atau jalan-jalan yang jauh biar begitu sampe rumah, udah waktunya buka puasa. Misalnya, jalan-jalan pake sepeda dari tangerang ke zimbabwe. Bukan cuma jalan-jalan ngabisin bensin doang. Biasanya, orang-orang yang memilih jalan-jalan juga beralasan untuk sekalian beli takjil. Tapi kalo mau hemat, mending sebelum adzan maghrib, cari masjid atau musholla yang lumayan ramai, terus berhenti disitu. Karena biasanya, masjid atau musholla di pinggir jalan banyak yang nyiapin takjil gratis. :)

2. Main PS
Hasil gambar untuk main ps
Waktu itu gue sempet bosen banget di rumah. Seharian yang gue lakuin cuma nonton-tidur-nonton-tidur-stalking gebetan. Semua kegiatan itu bikin ngerasa laper lebih cepet dari biasanya. Yang biasa gue mulai laper sekitar jam 4 sorean, hari itu gue mulai laper disaat jam dinding baru nunjukin jarum pendeknya ke arah angka satu. Tapi untungnya, ada temen gue yang ngajakin main PS sambil nunggu buka. Gue yang lagi gabut pada hari itu, tanpa mikir lagi langsung nerima ajakan itu. Dan alhasil, gue main dari jam 2 siang, dan selesai jam 5 sore. Jadi, main PS adalah salah satu pilihan ngabuburit yang tepat. Tapi usahain mainnya bareng temen, karena biar makin seru, dan biar lo gak dikatain jomblo.

3. Nonton Film
Hasil gambar untuk nonton film
Buat pecinta film, kegiatan ini pasti udah jadi agenda ngabuburit yang paling fix dilakuin. Selain waktunya gak berasa, nonton film juga bikin kita semakin bersemangat dalam hal apapun. Misalnya, kalo yang lo tonton itu film perang, lo bakal lebih bersemangat dalam membasmi kejahatan. Kalo nonton film sosial, lo bakal lebih bersemangat dalam melakukan kebaikan di lingkungan sekitar. Kalo yang lo tonton film kuliner, lo bakal lebih bersemangat untuk buka pada saat itu juga.

4. Main Layangan
Hasil gambar untuk main layangan
Sekitar 11 tahun yang lalu, waktu gue masih SD. Main layangan paling sering masuk ke agenda ngabuburit gue. Berawal dari temen yang nyamper ke rumah abis ashar, dilanjut dengan beli layangan harga 5 ratus rupiah, beserta benangnya yang seharga 2 ribu, kami dan anak-anak kompleks lainnya pada berlarian ke lapangan merah yang letaknya di belakang kompleks, untuk bersama-sama menerbangkan layangan di sore itu. Iya, itu dulu. Kalo sekarang ? Mungkin anak-anak masih bisa main layangan, tapi paling dalam bentuk game di gadgetnya. Huh.

5. Browsing
Hasil gambar untuk browsing
Buka-buka internet emang seru dan bikin waktu jadi gak berasa, apalagi buka internetnya karena pengen stalking mantan atau gebetan. Browsing itu bisa macem-macem, bisa cuma buat buka akun jejaring sosial sambil nulis kata-kata galau biar dia peka, atau cuma buka-buka blog atau apapun yang bisa dibaca sambil nunggu buka puasa. Iya, apapun itu caranya, yang namanya buka internet, itu tetap disebut browsing. Dan elo, makasih, ya, udah ngabuburit disini :)

6. Tidur
Hasil gambar untuk tidur
Yang ini mah udah gak usah gue jelasin, lah. Ini udah paling ampuh bagi orang-prang yang beranggapan bahwa ngelakuin kegiatan sambil nunggu buka, malah makin bikin kita laper. Pendapat itu, sah-sah aja, sih. Tapi yang harus diinget, kalo mau tidur, pastiin alarm lo nyala. Biar bangun-bangun belum adzan shubuh.

Iya, ngabuburit itu hal yang udah jadi agenda rutin buat masyarakat indonesia pada umumnya, umat muslim khususnya. Karena agenda itulah, nuansa ramadhan jadi bakal lebih berasa dan berbeda dari bulan-bulan lainnya. Karena hal-hal yang gak pernah kita temuin di bulan lain, bisa kita temui di bulan ramadhan. Contohnya, jalanan sore jadi rame karena banyak orang yang jualan takjil.

Tapi sayangnya, banyak yang ngabuburit nya kelewat batas, dan hilang control puasanya. Kayak misalnya, sering banget gue liat, sore-sore banyak banget terong sama cabe-cabean ngabuburit nya sambil pacaran. Kayak pegang-pegangan tangan, pelukan, ciuman, lalu hamil. Eh engga, gak sampe segitunya. Yah, pokoknya ngelakuin sesuatu yang belum muhrim nya, apalagi di bulan ramadhan. Itu, sih, namanya, menunggu buka puasa dengan cara mengurangi pahala. Sayang banget.

Intinya, ngabuburit itu bukan sekedar ngisi waktu sambil nunggu buka puasa. Tapi, diperhatiin juga mana ngabuburit yang positif, dan mana yang negatif. Biar pahala puasa lo tetep utuh. Dan di bulan ramadhan ini, banyak-banyakin aja berbuat baik. Jangan jadi orang yang menyia-nyiakan ramadhan. Karena umat muslim dituntut untuk lebih Fastabiqul khairat fi ramadhan.

Kayaknya itu aja postingan gue hari ini. Kalo elo, ngabuburit apa, sih, yang biasa lo lakuin di bulan Ramadhan ini ? Atau yang mau nambahin kegiatan ngabuburit lainnya juga boleh. Yah apapun itu, share di comment box, ya! :)

Comments