Ngobrol Bareng Penulis Novel Romance, Begini Jadinya..


 Image result for cinta tapi ragu

Minggu lalu, gue baru aja menghadiri pernikahan saudara di Bandung. Seperti biasa juga, kalimat pujian sering terdengar setiap kali ada saudara yang ngeliat gue. Mereka bilang, "Aduh Afif... ayeuna meuni jangkung pisan..". Yang diterjemahin dalam bahasa Indonesia artinya, "Aduh Afif... sekarang jadi tinggi banget..". Iya, gue selalu dibilang tinggi sama saudara-saudara. Alhamdulillah. Syukurlah mereka belum tau kalo tiap upacara, gue selalu ada di barisan paling depan, yang artinya.... udah, gak usah diperjelas.

Diantara banyaknya tamu yang hadir saat itu, tiba-tiba mata gue menangkap pemandangan yang terlihat seperti gak asing lagi di mata gue. Wanita berkulit putih, rambut lurus, mata yang agak sipit, dan berkacamata, sedang berjalan menyalami para tamu yang hadir. Sambil memperhatikan nya, gue terus mengingat-ingat, "Kayak kenal deh.. tapi lupa, jarang ketemu sih..".

Setelah dahi gue berkeringat karena mencoba mengingat terlalu keras, akhirnya gue dapat menyimpulkan kalo wanita itu adalah saudara gue di Bogor, yang waktu kecil gue sering main di rumahnya bahkan nginep. Namanya Winda, tapi gue biasa manggil "Teh winda". Buat yang belum tau, "Teh" adalah panggilan kakak di sunda. Jadi karena Winda ini lebih tua dari gue, makanya gue panggil "Teh winda".

Teh Winda ini punya hobi yang sama kayak gue, yaitu nulis. Dan sekarang, dia juga udah kerja. Tapi kalo dilihat sekilas, tampilannya gak kayak orang kerja pada umumnya. Dia sering banget ada di rumah, pake baju santai, dan cuma bermodalkan laptop di kamarnya. Bukan, bukan karena dia kerjanya sebagai member MLM sehingga kerjaannya cuma buka laptop, log in facebook, terus sibuk nyembah-nyembah temen deketnya buat jadi downline. Tapi karena dia udah sukses bekerja jadi penulis di salah satu perusahaan penerbit novel. Dan sejauh ini, dia udah sukses menerbitkan 3 novel nya yang semuanya bergenre Romance. Gue janji deh, nanti kapan-kapan gue review disini :D

Yang jelas, karena kerjanya cuma nulis. Dandanan teh winda sampe sekarang jadi masih kayak mahasiswi biasa, bukan kayak orang kantoran. Enak, ya ? Kerja nya udah gak diatur sama jadwal. Apalagi kalo hobi kita bisa jadi sesuatu yang menghasilkan. Kerja pun jadi terasa kayak main, waktunya gak berasa, otak juga gak gampang stress. Memang, akan menjadi menyenangkan jika kita dibayar untuk melakukan sesuatu yang kita sukai.

Setelah menyalami para tamu yang hadir, Teh winda menuju ke keluarga gue untuk silaturahmi, dan melihat gue seperti agak pangling,

" Ini Afif ? Ohh haha kelas berapa sekarang ? Udah tinggi gede gini yah... dulu mah kayak botol kecap."

Setau gue, botol kecap itu kecil, pendek, murah, dan item. Apakah gue dulu senista itu ? -_-

Tapi syukurlah... dia juga masih inget gue.

Setelah kami asik mengobrol dan bernostalgia karena udah lama gak ketemu, kami langsung duduk dan mulai sibuk menyantap makanan cateringnya masing-masing. Dan gue juga sibuk muterin gedung buat nyobain semua makanan catering yang ada disitu. Yah, namanya juga gratis~

Acara pernikahan saudara hari itu berjalan lancar, para tamu pun berfoto bersama lalu pulang, sedangkan gue serta segenap keluarga besar dijadwalkan berkumpul dulu di rumah salah satu saudara yang rumahnya biasa dipake base camp, di daerah Margahayu. Hari itu, semua keluarga besar gue, dari yang baru lahir sampe yang tua, yang jarang kelihatan, dan yang jauh, semuanya berkumpul di satu tempat. Benar-benar kekeluargaan yang terasa. Semua mengobrol dengan hangat di ruang tamu. Sedangkan gue, cukup jadi pendengar yang baik aja.

Setelah gue ikut jadi pendengar di obrolan ruang tamu, gue masuk ke kamar buat baca novel yang baru gue beli pake duit sendiri. Sebuah novel berjudul RELATIONSHIT dari penulis yang gak lulus-lulus kuliah (Huft, bang).
 
Disaat lagi baca, gue terkejut karena ngerasa ada yang mendekat ke gue. Waktu gue menatap ke depan, ternyata...

"Wiiih Alitt Susanto!" Ucap teh Winda antusias, yang sepertinya juga penggemar berat bang Alitt.

"Eh ? Iya, teh, hehe.. ngagetin aja." Jawab gue sedikit bercanda.

"Oh iya, gimana bukunya, teh ?" Gue langsung mengalihkan topik dengan bertanya novel nya karena penasaran.

"Alhamdulillah... Doain aja semoga banyak yang suka hihi.." Jawab teh Winda.

"Oh iya, blog kamu bagus juga, fif! Teteh udah pernah baca blog Afif. Sengaja teteh buka waktu Afif ngeshare link nya di Facebook hehe." Ucap teh Winda dengan gerakan tangan yang seolah-olah tepuk tangan. Gue kaget.

" Heh ? Oh.. yaa masih belajar, teh. Hehe.." Jawab gue sedikit canggung.

"Ngomong-ngomong, itu cewek bergingsul di postingan kamu yang waktu itu siapa ? Ehem ehem... hihi." Tanya teh Winda dengan sedikit genit. Gue sadar kalo gue lagi di ciee-ciee in.

"Heeh itu.. apa tuh, itu..." Lidah gue mendadak sembelit.

"Cerita aja... Siapa tau teteh bisa ngasih solusi.." Tawar teh Winda.

Gue sebenarnya ragu kalo saat itu harus cerita. Soalnya teh Winda masih dalam lingkup keluarga besar. Gue takut, kalo gue cerita dan teh Winda gak sengaja bocorin ke orang lain, akhirnya cerita gue malah jadi bahan obrolan tiap kali keluarga besar ngumpul lagi. Takut lah.

Tapi setelah teh Winda berhasil meyakinkan gue. Ditambah kenyataan bahwa teh Winda adalah penulis novel romance, yang mungkin aja bisa ngasih wejangan-wejangan ajaib nya ke gue. Hari itu, gue akhirnya cerita... hadeuh~

"Itu temen deket, teh.." Jawab gue sambil menggaruk kepala yang sebenernya gak gatel.

"Oh.. trus gimana kelanjutannya ?" Teh Winda membenarkan posisi duduknya, bertanda antusias mendengar cerita gue."

Gue yang terlanjur cerita, melanjutkan ceritanya...

"Yah gitu, sampe sekarang masih gak berani ngomong. Dia juga kayaknya belum mau pacaran, sih, teh. Makanya Afif gak mau buru-buru juga.."

"Kamu tau darimana dia gak mau pacaran dulu ? Perasaan cewek itu berubah-ubah, loh." Teh Winda coba meyakinkan gue.

"Dari blognya, teh. Kebetulan dia juga suka nulis blog. Katanya dia mau fokus belajar. Dan, cewek kayak dia pasti konsisten sama omongannya." Jawab gue.

"Yaa kalo begitu, kamu jujur dulu aja. Gak mesti harus pacaran. Perasaan itu harus diungkapin, jangan dipendem. Seenggaknya biar dia tau dulu. Asalkan kamu bisa ngeyakinin kalo pacaran itu gak harus ganggu waktu belajar, gak ada salahnya kok."

Teh winda mengambil novel yang ada di genggaman gue, lalu melanjutkan kalimatnya...

"Tapi... kamu harus ngerti dulu apa itu waktu yang tepat." Teh winda mengakhiri sambil tersenyum.

"Heh ? Apa, tuh, waktu yang tepat ?" Gue kembali menggaruk kepala yang sebenernya gak gatel, cuma ada beberapa jangkrik yang nempel aja.

"Gini, fif. Kalo kamu nemu bunga yang belum mekar sepenuhnya, bakal kamu cabut atau enggak ?" Tanya teh Winda.

"Eng--Enggak.." Jawab gue datar.

"Yaa begitulah. Karena kalo bunga itu dicabut sebelum mekar sepenuhnya, yang ada bunga itu malah layu dan kamu gak bakal dapet apa-apa. Tapi kalo bunga itu dicabut disaat udah mekar sepenuhnya, kamu bakal dapet hasil yang bagus. Begitu kira-kira yang dimaksud dengan waktu yang tepat."

Setelah teh Winda menjelaskan dengan bunga sebagai pengibaratan nya, mulut gue mencetuskan satu pertanyaan,

"Jadi waktu nembak, Afif harus ngasih bunga yang udah mekar sepenuhnya ?"

Abis ngedenger pertanyaan gue, teh Winda langsung menggelar sajadah, lalu melaksanakan salat taubat karena frustasi dengan kelemotan gue.

Biar teh Winda gak makin frustasi, akhirnya gue inisiatif melemparkan satu pertanyaan yang mungkin bisa mengalihkan pertanyaan gue sebelumnya...

"Tapi, teh ? Kadang sikap dia suka berubah-ubah, loh. Kadang asik banget, kadang cuek banget. Kadang deket, kadang menjauh tanpa sebab." Gue coba menjelaskan lebih lanjut.

"Fif, cewek itu suka dikejar. Kita suka dikejar. Kalo kamu nyerah cuma karena sikap dia begitu, dia gak bakal tau kalo yang kamu rasain itu beneran suka, atau cuma bercanda. Karena yang serius, gak bakal nyerah gitu aja." Lagi-lagi gue dapet tamparan dari ucapan teh Winda.

Teh winda mulai membuka halaman per halaman novel yang daritadi dipegangnya...

"Kalo move on gimana, teh ? Soalnya Afif juga ngerasa gak pantes, sih.." Tanya gue sambil bersandar ke tembok.

Teh winda menghela nafasnya, lalu berkata,

"Fif, jangan pernah mencari orang lain disaat hati kamu masih ada orang lain." Jawab teh Winda sambil menepuk kaki gue. Lalu melanjutkan omongannya,

"Gak perlu ngerasa gak pantes kalo lagi suka sama orang. Cinta itu, kan, indah karena perbedaan. Kayak teteh sama cowok teteh yang sekarang. Dia pendiem, sedangkan teteh cerewet. Hihihi..."

"Laah.. malah dia yang curhat hahaha.." Jawab gue bercanda.

Teh winda pun tertawa. Lalu gue melanjutkan pertanyaan yang membuat gue penasaran,

"Emang menurut teteh, orang yang tepat itu kayak gimana, sih?" Tanya gue dengan menantang jawaban apa yang bakal keluar dari teh Winda.

Dengan cepat, teh Winda menjawab,

"Orang yang tepat adalah, orang yang sekarang ada di hati kamu." Jawab teh Winda sambil mengembalikan novel gue yang tadi sempat dibuka-buka, lalu tersenyum.

Iya, setelah ngobrol sama teh Winda. Gue akhirnya sadar kalo selama ini gue terlalu lemah deketin cewek. Terlalu banyak malu nya dibanding mau nya. Emang sih, gak ada cerita yang selalu mulus. Tapi setidaknya kita perlu berusaha, untuk menghindar dari hal-hal yang menghambat cerita kita. Dan gue, hanya selalu membiarkan cerita itu terhambat tanpa berusaha menghindari hambatan itu.

Ada yang lebih sakit dari cinta yang ditolak, yaitu cinta yang gak pernah diungkapkan. Ada yang lebih sakit dari menunggu, yaitu saling menunggu tapi tak saling tahu

 Image result for cinta tapi ragu

Dan hari itu, obrolan gue dan teh Winda akhirnya berakhir, setelah ada suara misterius dari luar kamar yang berteriak,

"ETAA BUDAK DUAAN KEUR NAON?! TUANG HEULA ATUH ! AYA MIE KOCOK DI DAPUR !"

Comments

  1. Anjir,,,, baca quote yang di highlight jadi nyesek sendiri...
    Emang bener sih, menunggu tanpa ada yang saling tahu itu sakit.... Sakit banget -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya salah satu harus berani ungkapin. Emang, sih, gak gampang ngelakuinnya. Tapi bukannya lebih baik begitu, daripada milih sakit karena terus diam ? :)

      Delete

Post a Comment