Tulisan Terakhir di 2015

Hasil gambar untuk good bye 2015
Selain sukses jalan sama gebetan, ngobrol sama orang tua nya, dan dapet nilai bagus di matkul dosen killer. Tahun 2015 ini merupakan tahun yang lumayan berkesan bagi gue. Di balik kisah-kisah galau yang sempet maupun enggak gue tuangin disini, tetep aja tahun ini banyak hal-hal yang secara gak sengaja, udah merubah hidup gue.

Salah satunya, yaitu rajin nulis.

Iya, di postingan akhir tahun ini, gue mau ngajak kalian buat flashback ke awal gue nulis, sampe sekarang gue jadi rutin ngeblog.

Pastikan posisi kalian nyaman, ya.
Siapin cemilan juga biar lebih asik.
Panggil pacar juga gapapa, kalo punya tapi ya hahaha :D

*ditimpuk tabung gas*

Oke.
Jadi begini ceritanya..

Sejak lahir sampe SMP, gue adalah tipe orang yang males baca buku. Entah kenapa, jangankan baca tuh buku, ngebukanya aja gue udah males. Kayak ada yang menghasut gue setiap mau nyoba baca buku. Seakan ada yang berbisik di telinga gue, "tutup bukunya.. tutup bukunya.. tutup cerita kamu sama dia..!!" Eh, hantunya posesif. Hmm.

Dulu, gue emang paling gak suka baca buku. Setiap kali gue nyoba baca buku, hidung gue langsung mimisan. Pernah gue dilarikan ke rumah sakit karena berusaha baca buku lebih dari 5 menit. Kata dokter, gue kena anemia.

Tapi semua itu dulu. Awalnya gue sama sekali gak percaya sama orang-orang yang sering nyebut istilah "benci jadi cinta". Karena setau gue, kalo kita benci sama sesuatu, malah yang ada kita sulit untuk melihat kelebihan dari sesuatu yang kita benci itu.

Tapi, di bangku kelas 3 SMA, pemahaman gue mulai berubah.

Lebaran tahun 2013, gue dan keluarga memutuskan untuk mudik ke Bandung, tanah kelahiran tercinta yang selalu ngasih gue kesan 'gak mau pisah' di tiap gue berkunjung. Singkat cerita, keluarga gue pulang pergi bareng sodara di Bogor. Iya, keluarganya teh Winda, penulis novel yang kemaren gue ceritain di Postingan ini. :)

Pulangnya dari Bandung, gue sekeluarga berniat mampir dulu di Bogor, sekalian istirahat sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta. Uwak Nina, ibu nya teh Winda, dan yang gue panggil 'uwak' karena 'uwak' adalah panggilan nenek di sunda, mempersilahkan keluarga gue untuk istirahat di kamar nya teh Winda.

Waktu gue masuk, gue udah disajikan sama tiga tumpukan buku di meja belajarnya. Mulai dari buku pelajaran, komik, sampe novel berbagai genre. Dan naluri gue untuk ngubek-ngubek tumpukan buku saat itu keluar secara alamiah.

Buku-buku itu gue baca sekilas di bagian belakangnya, karena sinopsis di bagian belakang buku biasanya membuat calon pembaca akan menilai, buku tersebut menarik untuk dibaca atau enggak. Meskipun waktu itu gue cuma penasaran, karena gak ada niatan mau baca beneran, tapi iseng aja siapa tau ada yang bermanfaat, dan bisa ngabisin waktu juga daripada tidur.

Aksi ngubek-ngubek buku gue akhirnya berhenti, setelah di tumpukan kedua dan di posisi kedua dari atas, gue menemukan sebuah novel yang cover nya didominasi warna krem, dengan jumlah halaman yang gak terlalu banyak untuk orang yang males baca kayak gue, dan di cover tersebut ada gambar cowok suram yang duduk frustasi sama skripsi nya, dan ditemani kucing nya yang terus-menerus minta makan. Novel itu berjudul..

Hasil gambar untuk novel skripshit

Sebuah novel komedi karya Alitt Susanto, yang dari sinopsis dan covernya aja udah bisa bikin orang yang males baca, kayak gue, bisa penasaran dan tertarik untuk baca.

Akhirnya gue mulai buka satu per satu halamannya, dikit demi sedikit gue baca, dan ternyata lucu juga. Selain lucu, juga banyak pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman penulisnya. Sang penulis berhasil menyelipkan komedi, nasihat, dan pelajaran yang berharga di dalam tulisannya. Dan gue, gak berasa udah baca ber BAB-BAB novel tersebut. Sampai akhirnya, gue mulai tertarik untuk nyari tau si penulis tersebut. Karena dia, minat gue untuk baca akhirnya muncul lagi, bahkan gue juga jadi ada niatan buat nulis. Bisa gitu, ya ?

Setelah gue nyari-nyari info tentang Alitt Susanto, atau biasa dipanggil Bang Alitt oleh followersnya. Gue akhirnya tau kalo novel Skripshit ini adalah novel keduanya. Ternyata bang Alitt udah menelurkan novel pertamanya yang berjudul Shitlicious. Novel pertamanya tersebut sekaligus jadi identitas nya sekarang. Nama 'shitlicious' udah dipake jadi username twitternya, line nya, bahkan sampe blognya. Dan kata 'Shit' udah jadi ciri khas dalam setiap karya nya. Seperti Shitlicious, Skripshit, dan novel terbarunya yaitu Relationshit (Sampe diangkat jadi film, dan udah tayang baru-baru ini).

Balik lagi ke awal gue nulis.

Setelah baca novel sampe postingan-postingan di blognya, keinginan gue untuk juga menjadi penulis seperti beliau juga semakin besar.

Gue setuju sama apa yang pernah Bang Alitt bilang di novelnya, "untuk hidup, kita harus banyak berkarya. Banyak manusia yang hidupnya sudah terjebak siklus hidup serangga, yang hanya lahir-tumbuh-berkembang biak-mati. Gak ada yang bisa diceritakan di masa tua nya. Hampa." Iya, atas dasar pemahaman itu, gue juga ikut membenarkan, dan jadi kebawa pengen nulis. Lagian gue juga suka gregetan mau ngomentarin apa yang ada di sekitar gue, lalu menuangkannya dengan bebas, tanpa ada yang larang. And.. nulis, is the best choice for me.

Langkah gue untuk nulis dimulai saat gue mulai kembali mengaktifkan blog gue yang sempet nganggur dari tahun 2012. Blog yang tujuannya untuk nyeritain pengalaman gue aja, biar jadi kenangan, dan gak lupa jalan ceritanya kalo suatu saat gue mau mengingatnya kembali.

Lalu, gue follow semua orang yang hidupnya berada di dunia sastra. Seperti Alitt susanto, aryanovrianus, Benakribo, chikanadya, radityadika (yang katanya 90% followersnya alay, dan gue termasuk), bahkan sampe editor dari penulis juga, yaitu RyAzzura, editor bukune. Selain itu, juga temen-temen blogger yang selalu memacu gue buat ikutan nulis. Dan masih banyak lagi.

Karena langkah-langkah tersebut. Alhasil, gue jadi makin cinta dunia penulisan.

Disaat gue makin cinta dunia penulisan, dengan kebetulannya Bukune, perusahaan penerbitan buku terkenal, ngadain lomba nulis minimal 80 halaman, dan kalo menang, ada hadiah jutaan rupiah, dan yang terpenting, novel nya juga bakal diterbitin dan dijual di toko-toko buku. Kebayang kalo gue berhasil menang. Selain dapet uang untuk biaya kuliah, gue juga jadi punya karya di usia muda.

Akhirnya tanpa pikir panjang, gue mulai nulis novelnya.

Gue mulai menulis pengalaman gue dari zaman SD sampe SMA. Dari zamannya gue masih asik main tiap hari, sampe masa-masa dimana gue udah harus milih jurusan kuliah yang tepat. Semua keresahan itu, gue tulis di dalam novel yang akan gue lombakan.

Hari demi hari berlalu, gak berasa udah 60 halaman gue selesaikan. Artinya, hanya butuh 20 halaman lagi untuk gue menyelesaikan novel ini, dan kirim ke penerbitnya.

Tapi sayangnya, semua rencana itu berantakan.

Ketika..

Waktu gue ngeliat info lomba nya. Gue baru tau kalo lomba itu ternyata udah dimulai sejak bulan April, dan akan berakhir bulan Agustus. Sedangkan gue, baru tau lomba itu dan mulai nulisnya di pertengahan juli. Itu artinya, kurang dari sebulan lagi gue harus nyelesain minimal 80 halaman sebagai syaratnya.

Belum selesai mikirin deadline, ada lagi kenyataan yang bikin nyesek. Yaitu, ternyata lomba nya mengangkat tema novel fiksi. Sedangkan gue, mengangkat novel berjenis personal literature, yaitu novel yang hanya fokus menceritakan pengalaman pribadi, dan berharap pembaca mengambil hikmah dari pengalaman penulis.

Yap, artinya.. gue harus mikir lagi dan ngulang naskah dari awal. Iya, ngulang lagi dari bagian kata pengantar. Dan gue harus nyelesain itu, dengan waktu yang gak banyak. Ah! Hal yang mustahil buat penulis magang kayak gue.

Dan akhirnya..

Gue gagal ngirim naskah.

Tapi untungnya semangat nulis gue gak redup cuma karena itu. Gue sadar, kemampuan nulis gue saat itu juga kayaknya belum bisa layak juara, sih. Belum bisa juga bikin bangga keluarga gue dan keluarga gebetan. Yah, kalo gue masih nekat ngirim ke penerbitnya pun, paling novel gue cuma dijadiin ganjelan pintu, atau lembaran-lembaran halaman nya dijadiin lap buat jendela kotor. Nyelekit.

Akhirnya, gue memutuskan untuk lebih belajar nulis lagi. Dan blog ini, adalah wadah gue untuk melatih tulisan gue, konsistensi, sekalian untuk menuangkan pikiran gue juga, meski kadang-kadang juga ada curhatnya, sih. Hahaha. Tapi semoga dari curhatan gue, kalian bisa ngambil hikmahnya, ya. Itu pun kalo ada hikmahnya. Kalo gak ada ? Yah maaf, deh :(

Blog ini dibuat dari tahun 2012, tapi baru aktif dan gue seriusin di tahun ini. Emang, tulisan gue dulu masih sangat amat sederhana, dan gue yakin juga gak ada yang mau baca selain gue. Sedih, ya ?

Tapi, ya, itulah proses.

Gue sengaja gak mau ngapus atau ngedit semua tulisan itu, karena biar gue tau progress apa yang udah gue alami selama mulai berkomitmen untuk rajin nulis.

Makasih untuk bang Alitt, yang udah munculin niat gue buat nulis. Teh winda, yang udah mempertemukan gue dengan novel bang Alitt. Teman-teman blogger, yang terus memacu gue buat nulis terus. Dan terutama, untuk kalian yang udah pernah mau ngebuang waktunya di blog ini, dan bahkan mau ngasih komentar nya. Terima kasih banyak :)

"Menulis bukan hanya tentang menyampaikan pikiranmu. Tapi juga tentang mereka merasakan dan membawa manfaat dari tulisanmu."

Selamat tahun baru! Semoga di tahun 2016 nanti, kita semua berhasil mencapai target dari impian kita. Dan semoga kita bisa lebih produktif dalam menjalani kehidupan. Aamiin.

Btw, karena sekarang gue udah posting. Itu artinya, gue udah berhasil nyelesain resolusi ngeblog gue tahun ini. Resolusi ngeblog nya pernah sekilas gue ceritain di Postingan ini :)

Itu kalo gue.

Nah kalo lo, udah berhasil nyelesain resolusi tahun ini, belum ? Gue tunggu di comment box, ya! :)

Cheers!

Comments

  1. Wiii bang alit emang keren sih. Tulisannya banyak bikin mikir. Selama ini gue nulis apa yang ingin gue tulis aja, kebanyakan kegelisahan gue hahaha. Semoga makin produktif ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bang Alitt penulis favorit gue :)
      Aamiin. Semoga kita sama-sama produktif, ya!

      Delete
  2. Postingannya udah kayak prototype skripsi, bro. haha

    Congrats buat resolusinya yang udah tercapai, kalo ane masih berjuang untuk kenalan dan blogwalking ke 100 blogger lagi nih untuk menuntaskan resolusi tahun ini. :D

    Salam kenal ya, bro. :)
    http://penjajakata.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih. Apa tuh protoype ? Apa tuh skripsi ? Gue belum ngalamin :p

      Jadi, gue yang keberapa ? :)

      Iya, salam kenal juga.

      Delete
  3. Emang bener, semangat nulis gua jadi muncul lagi.. Gegara baca blog ini hahahah . Keren" 👍👍 semangat berkarya trus 💪💪 kali aja banyak yg ketularan nulis juga/lagi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen Lo bikin gue semangat nulis lagi. Thanks yak!

      Delete

Post a Comment