Hati-Hati Menilai Orang

Image result for martabak
Sebelumnya gue minta maaf atas gambar pengantar yang melibatkan martabak, abisnya akhir-akhir ini gue lagi pengen makan nasi goreng.

Saking pengennya nasi goreng, kemaren malem gue bela-belain keluar rumah buat nyari tukang pecel. Waktu gue berhasil nemuin tukangnya, gue pun masuk dan pesan 1 mangkok bubur ayam.

Sambil nunggu abangnya bikin ketoprak, gue main hape dulu dengan sesekali tengok kanan-kiri. Disitu gue baru sadar, disamping gue ternyata ada om-om botak kekar berwajah sangar lagi makan nasi padang, yang dari tampilannya aja, sepertinya dia lah penguasa wilayah sini alias preman. Gue juga yakin, dia pasti gak akan bayar tuh makanannya. Jahat.

Tiba di meja juga akhirnya makanan yang gue pesen. Gue pun makan dengan lahapnya. Gak pake minum, gak pake napas. Sengaja.. biar gue bisa sendawa secara brutal di depan om botak kekar itu, biar dia pergi dan gak bikin onar. Hebatnya niat gue.

Disaat gue masih asik melahap makanan yang ada, tiba-tiba om botak itu berdiri. Gue takut. Bukan, bukan takut kalo dia tiba-tiba buang 'pestisida beracun' pas posisinya membelakangi gue. Tapi gue takut kalo om botak itu mulai marah gak jelas dan ngacak-ngacak seisi warung, lalu ngabisin makanan gue dengan sekali telan. Sangar.

"Bang, udah nih! Duitnya saya taro ya!" Panggil om botak itu, lalu keluar dan berjalan dengan tergesa-gesa.

"Wah dia kabur! Pasti mau boongin abangnya nih!", pikir gue.

"Iya makasih ya!", jawab si abang sambil melambaikan tangannya ke om botak.

Gue dengan cemas dan sedikit hati-hati, ngomong dengan suara pelan ke abangnya,

"Bang, cukup gak tuh duitnya ? Asli gak ? Dia buru-buru banget tadi jalannya, pasti duitnya kurang deh, pasti abang diboongin deh..", tanya gue sambil tengok kanan-kiri, memastikan kondisi aman tanpa suara gue terdengar om botak itu.

Mendengar omongan gue, si abang langsung tertawa.

"Eh, loh, kok, ketawa bang ? Emang abang gak takut ?" Tanya gue heran.

Si Abang lalu menghentikan tawanya, dan bicara dengan wajah yang masih menahan tawa,

"Hahaha abis lucu aja, mas. Emang mas kira dia siapa ? Preman ? Penipu ? Tukang ngutang ? Wong dia itu marbot masjid dekat sini ! Dia tadi itu buru-buru, soalnya jam segini waktunya dia bersih-bersih masjid. Bukan karena mau boongin saya. Dia kan langganan saya juga. Hahaha"

Deg. Gue terdiam.

Bukan itu aja gue dapet pelajaran ketika menilai orang. Karena kejadian itu, gue jadi gak mau nilai orang dari tampak sekilas, tanpa benar-benar tahu orang itu.

Sampe akhirnya, di kampus gue ada orang yang sering gak disukai keberadaannya. Sebut aja namanya Dede. Kebetulan, Dede juga temen sekelas gue. Setiap kuliah, kerjaan Dede cuma dateng-duduk-diem-boker-pulang. Gak ada teman yang bisa diajak ngobrol. Kasian.

Anak satu kelas udah ngecap dia sebagai anak sombong, karena setiap ngomong pasti bahasanya nyeleneh. Sering banggain dirinya sendiri, bercanda nya juga gak lucu. Gue tau darimana ? Dari temen-temen gue lainnya. Gue percaya ? Enggak lah. Karena gue gak mau menghakimi seseorang, sebelum gue bener-bener tau sifat aslinya.

Iya, kadang gue heran sama orang yang punya alasan untuk gak suka sama orang lain, disaat dia belum deket dan tahu sifat orang itu yang sebenernya. Cuma bermodalkan desas desus dari mulut ke mulut, trus percaya. Hih. Murahan.

Akhirnya gue mulai coba deketin si Dede. Setiap jam istirahat, gue selalu menghampiri Dede yang lagi duduk sambil mainin upil di pojokan kelas. Iya, awalnya emang bener, gue ngerasa gak nyambung sama obrolannya. Dia punya hobi yang aneh menurut gue, yaitu fotoin bis yang lagi lewat. Gue heran, apa yang bagus dari bis, kenek, dan supir nya ? Sampe dia rela lari-lari cuma buat dapetin foto bis yang lagi lewat. Ehm, kecuali kalo supirnya Marsha Aruan, itu mah wajib banget difoto. Tapi entahlah, itu hobi dia, cuma dia yang tau alesannya. Karena yang bener-bener pengen gue tau, kenapa si Dede sampe gak disukai segitunya di kampus.

Hari hari pun berlalu, tanpa sadar gue pun jadi semakin akrab sama Dede. Dan obrolan gue pun, sekarang udah mulai agak nyambung. Gue bisa ngerti apa maksud dari omongannya, meskipun kadang penyampainnya bikin gue gemes pengen nabok, tapi selama maksud dia baik, pasti gue hargai.

Sebagai contoh, waktu itu ada penjual kentang goreng yang lagi nawarin dagangannya. Dia nawarin Dede dan berkata dengan sangat ramah,

"Boleh mas, kentang gorengnya.."

Dede langsung menoleh lalu tersenyum. Kemudian menjawab,
"Oh enggak, mas. Saya gak biasa makan kentang goreng bikinan orang lain. Saya mah biasa bikin sendiri di rumah.."

Mendengar jawaban Dede, Abangnya lalu menjawab dengan nada datar,
"Oh gitu..", lalu melengos pergi.

"Dasar kutek banci! Ngomongnya gak usah gitu!" Tegur gue sambil nabok Dede pake bangku.

Dede kalo ngomong emang agak songong. Tapi gue bisa ngerti, itu karena dia gak tau gimana cara menyampaikan sesuatu dengan halus. Dede anak piatu. Dia dibesarkan oleh ayahnya. Ibunya meninggal saat Dede masih kecil. Itulah kenapa, Dede kurang bisa bersikap halus sama teman sebayanya, karena dari kecil pun dia gak bisa merasakan kehalusan kasih sayang dari Ibunya. Iya,  Dede gak bisa merasakan kasih sayang ibunya, tidak seperti yang kita rasakan, bahkan hingga saat ini. Sehingga dia pun juga gak tau gimana caranya ngomong halus sama orang lain, tanpa bikin orang lain yang dengerin dia jadi mendadak bete dan pengen ngobrak-ngabrik sampah. Dalam artian, Dede kurang dididik untuk bersikap demikian.

Gue ngerti. Gue paham. Gue pun mulai bisa memaklumi sikap Dede, tentunya sambil sedikit gue ajarin gimana sebaiknya sikap yang benar. Dan dia, gak nolak sama sekali. Dia malah selalu minta masukan ke gue setiap mau nyoba akrab sama orang lain.

"Fif, kalo gue ngomong gini gapapa kan ya ?"

"Fif, kalo gue bersikap gini salah gak ?"

"Fif, gue harus gimana ya kalo mau gini ?"

Dan sebagainya.

Nah, berbekal pengalaman tadi, gue jadi punya tips untuk kalian yang suka menilai orang, supaya penilaian kalian gak salah, dan ujungnya gak berburuk sangka. Here they are :

1. Jangan Gampang Percaya
Hasil gambar untuk kartun ngomongin orang
Si A ngomong si B begini, si C juga ikut-ikutan, Si D nguping. Hasilnya, tersebarlah omongan kalo si B itu orangnya kayak apa yang diomongin si A. Tanpa ada bukti, dan cuma bermodalkan ucapan dari satu pihak. Yang kayak gitu mah jangan dipercaya. Meskipun yang ngomong itu dari seseorang yang lumayan bisa dipercaya, tapi sebaiknya kita jangan mudah percaya dulu. Tunggu faktanya, sampe kita benar-benar bisa membuktikan sendiri, biar gak jadi fitnah.

2. Dekati dan Kenali Orangnya
Hasil gambar untuk kartun pertemanan
Untuk dapat membuktikan sifat dia yang sebenarnya, sebaiknya kita harus lebih mengenal pribadinya. Sifat orang jangan disamain sama mainan kado-kadoan anak kecil, yang cuma diraba, dirasain, terus isinya ditebak. Jika ingin menilai seseorang, jangan nilai dia dari bagaimana dia berinteraksi dengan kita, karena itu bisa saja tertutup topeng. Tapi nilai dia dari bagaimana orang itu berinteraksi dengan orang-orang yang dia sayang.

3. Berpikir Positif
Hasil gambar untuk kartun berpikir positif
Kalo pikirannya positif, hatinya juga pasti suci. Begitu juga sebaliknya, kalo pikiran kita negatif, hatinya pasti juga penuh rasa dengki. Selalu diisi dengan prasangka buruk terhadap seseorang, yang sebenarnya belum tentu orang itu seburuk yang kita sangka. Bertobatlah kau, malih~

Karena kita adalah manusia yang punya banyak kekurangan, tentunya kita harus sadar akan hal itu. Gak seharusnya kita saling menilai sesama manusia, yang sama-sama punya banyak kekurangan. Apalagi kalo cuma nilai sekilas. Lebih baik kita fokus pada kekurangan kita sendiri, lalu perbaiki. Karena belum tentu diri kita lebih baik dari orang yang kita nilai.

Menilai orang bukanlah perkara gampang. Jangan pernah menilai orang sebelum tau sifat yang sebenarnya. Karena akan timbul fitnah, lalu dosa untuk diri sendiri, dan merugikan orang yang kita nilai.

Jadi mulai sekarang, kalo lo sering denger ada orang yang selalu diomongin punya sifat yang buruk. Jangan lo langsung judge atau malah ngejauhin. Mending cari tau dulu deh, apa yang dibilang orang-orang terhadap dia itu bener atau enggak. Meskipun ternyata benar sifat dia begitu, kadang kita harus dituntut mau mengerti kenapa dia bisa bersikap gitu. Karena gue percaya, pasti selalu ada alasan dibalik setiap sifat manusia. Jadi mau seburuk apapun sifatnya, pasti ada alasan dibalik itu. Itulah pentingnya saling mengerti, bukan saling duluan ngejudge.

"Nilailah seseorang setelah benar tau yang sebenarnya, bukan setelah tau sekilas lalu menyimpulkan."

Hasil gambar untuk hati hati menilai orang

Comments