Tentang Keajaiban

Hasil gambar untuk keajaiban hidup
"Kamu percaya, gak, sama yang namanya keajaiban ?" Tanya Riri, cewek bandung yang sekilas mirip Ify Blink, anaknya temennya nyokap yang gue kenal saat nyokap ngajak gue buat nemenin beliau untuk reunian sama sahabat lama nya.

Saat itu kami sedang jalan-jalan di sebuah mall cukup besar dan terkenal di bandung. Awalnya kami berjalan beriringan bersama ibu kami masing-masing. Gue sama nyokap. Dia sama nyokapnya. Tapi lama kelamaan, karena hari itu adalah hari pertemuan dua sahabat lama yang baru ketemu setelah berpisah sekian lama. Nyokap dan nyokapnya Riri tanpa sadar berjalan jauh ninggalin gue sama Riri di belakang. Gue juga gak sadar karena terlalu asik ngeliatin suasana sekitar. Riri juga, dia terlalu asik sama gadgetnya.

Karena gue dan Riri belum saling kenal, kami pun terpaksa diem-dieman sambil terus ngeliatin suasana sekitar. Saat itu jadi canggung banget. Gue pengen ngobrolin sesuatu sama dia, tapi gue gak tau harus gimana awalnya. Karena gue bingung dan canggung, akhirnya gue milih buat misah aja dari Riri,

"Emm.. eh, gue kesana dulu, ya!" Ucap gue ke Riri sambil menunjuk toko baju.

Sebenernya gue juga gak ada duit buat beli itu baju, karena maksud gue biar gue bisa ngejauh dari Riri dan gak perlu canggung lagi mau ngomong apa. Gue emang gak terlalu jago buat akrab sama orang baru, meskipun gue pengen banget akrab, tapi sering ada pikiran takut salah ngomong.

Baru aja gue dua langkah jalan ke toko baju, tiba-tiba..

"Tunggu, ih! Bareng aja, aku takut nyasar.." Riri buru-buru cegah gue dengan narik tas ransel di punggung gue.

"Lah, lo kan orang sini.. Masa masih takut nyasar ?" Jawab gue dengan setengah ngeledek.

"I-iya, sih.. tapi, kan.. ya tetep aja takut.." ekspresi Riri berubah memelas.

Dari sini gue dapet kesimpulan, kalo Riri adalah tipe anak manja. Pantesan nyokap nya ngajak dia. Mungkin kalo Riri ditinggal sendiri di rumah, dia bakal mojok di kamar sendirian sambil nangis karena takut dengan kejamnya dunia luar. Waduh repot.

"Yaudah ayo, tapi jangan bosen ya.. Soalnya gue ngeliat-liat doang, gak beli hahaha", Gue coba mencairkan suasana dengan mulai bersikap sok akrab.

"Hehe iyaa.." Jawab Riri sambil tersenyum. Syukurlah senyum itu menandakan kalo cara mengakrabkan gue berhasil.

"Lo, gak, mau liat-liat baju bagus, gitu ? Biasanya, kan, cewek paling suka shopping..", tanya gue sambil menggeser satu per satu kemeja yang tergantung di tempat yang bertuliskan "diskon 25%".

"Hehe iya nanti, udah kamu aja duluan.." jawab Riri sambil memeluk tas pinggangnya di depan.

"Ngalah apa takut nyasar ? Haha" Lagi-lagi gue ngeledekin Riri.

"Apaan, sih, ih!" Riri lalu mukul gue dengan tas pinggang yang tadi dipeluknya.

"Haha yaudah, yuk, ke tempat baju-baju cewek." Ajak gue biar Riri gak keburu lumutan nungguin gue nyari baju. Biar gue gak digebuk juga.

Kami pun berjalan menuju tempat baju-baju cewek.

"Pelan-pelan, ih! Buru-buru amat jalannya..", lagi-lagi Riri ngomelin gue.

"Kayaknya jalan gue pelan, deh.." gue heran.

Riri lalu menyusul gue dan kini berada di depan, matanya sudah siap memburu baju-baju bagus.

"Ah, bilang aja takut ditinggal.." omel gue dengan suara pelan, maksudnya biar Riri gak denger.

Namun setelah gue bilang gitu, Riri mendadak menghentikan langkahnya, lalu badannya berbalik ke belakang,

"Heh, ngomong apa kamu tadi ?!" Sambil menghentakan kakinya, dengan tatapannya yang tajam.

Gue kaget, dan spontan ngomong,

"Eng--enggak. Gue bilang lo cantik."

"Oh.. Hehe makasih!" Wajah Riri mendadak berubah sumringah, lalu kembali melanjutkan nyari baju-baju bagus."

"Heh dasar cewek, giliran dipuji langsung girang.." gue ngedumel dalam hati, sambil mengelap keringat yang tadi mengucur deras akibat tatapan Riri yang gak beda jauh sama pembunuh bayaran.

Selama Riri liat-liat baju yang dia suka, gue bengong sambil jilat-jilatin kuku. Ternyata emang bener, cewek kalo udah shopping, suka lupa sama semuanya. Biar gue gak makin bete, akhirnya gue melemparkan satu pertanyaan untuk dijadikan topik obrolan,

"Eh iya, kok lo mau diajak nyokap kesini ? Biasanya cewek seumuran lo gini paling males kalo diajak jalan sama nyokap."

Riri menjawab dengan nada datar, 

"Yah, abis di rumah sepi.." matanya masih sibuk ke baju-baju mewah itu.

"Loh, emang bokap lo gak libur ?" Gue kembali bertanya untuk memancing dia biar gak asik sendiri, dan gak nyuekin gue.

Mendengar pertanyaan gue, tangan Riri yang sedari tadi mengambil dan menaruh lagi baju-baju disana pun seketika berhenti. Kini matanya akhinya melirik gue, dan berkata,

"Papah udah gak ada.." lalu tersenyum.

Riri kembali melanjutkan melihat-lihat model baju kesukaannya. Sementara gue, cuma bisa diem karena ngerasa bersalah udah bertanya dengan pertanyaan yang salah.

Tapi nampaknya Riri bisa mengerti. Di wajahnya sama sekali gak memperlihatkan kesedihan. Gue beneran gak nyangka, dibalik sifat manja dan polosnya, ternyata dia punya hati yang tegar.

Bahkan Riri malah balik nanya ke gue,

"Umm.. Kamu percaya, gak, sama yang namanya keajaiban ?"

Seketika gue bingung kenapa Riri tiba-tiba nanya hal itu. Tapi akhirnya gue milih buat jawab,

"Iya, gue percaya.."

Gue memang percaya bahwa di dunia ini ada keajaiban. Karena gue sering ngeliat berita ada orang yang divonis hidupnya gak lama lagi, tiba-tiba bisa sembuh. Ada anak kecil yang jadi korban musibah besar, pas ditemuin masih hidup. Orang yang hidupnya miskin banget, tiba-tiba jadi kaya raya karena nemuin barang langka. Dan sebagainya. Berbagai kejadian itu membuat gue percaya, bahwa di dunia ini ada yang namanya keajaiban.

Tapi arti keajaiban menurut gue, sepertinya masih terlalu sempit. Setelah Riri memberi pelajaran bahwa keajaiban itu sederhana, dan datangnya selalu di waktu yang tepat.

"Aku mau cerita tentang keajaiban yang baru-baru ini aku alami.." Riri mendadak menggantung kembali baju yang dia suka. Kini matanya benar-benar fokus ke gue.

"Oh ya ? Apa, tuh ?" Gue coba menyambut baik niat ceritanya Riri. Selain penasaran, gue juga berharap semoga perasaannya jadi baik lagi setelah tadi gue gak sengaja mengingatkan dia ke almarhum bokapnya.

Riri pun mulai cerita..

"Semenjak papah gak ada, mamah jadi bener-bener kebingungan mau ngebiayain kebutuhan sehari-hari darimana. Aku juga sempet sedih, karena katanya aku gak bisa lanjut ke kuliah karena gak ada biaya." Wajahnya Riri merubah murung.

Di titik ini gue bingung, kenapa Riri malah lanjutin nyeritain bokapnya, bukannya nyeritain hal-hal yang gak bikin dia inget dan sedih lagi.

"Tapi tau, gak ? Di masa-masa itu, tiba-tiba temen lamanya mamah yang kerja di perusahaan besar, nawarim mamah kerja di perusahaannya."

Riri kembali melanjutkan ceritanya dengan wajah yang tiba-tiba berubah ceria. Gue gak tau Riri kemasukan jin apa.

"Wah.. terus ?" Ngeliat semangatnya Riri, gue jadi ikut penasaran.

Dan... voila! Sekarang mamah udah kerja disana. Berkat itulah, aku juga jadi bisa lanjut ke kampus impian aku. Hebat, ya ? Itu bagiku keajaiban, loh hahaha.." ditutup dengan tertawa dari Riri. Selama nyeritain itu, Riri terlihat antusias, dan terlihat bahwa dia lagi berusaha menunjukan kalo gue-harus-tau cerita itu.

"Oh ya ? Wahh gue ikut seneng dengernya.." jawab gue gak kalah antusias.

Riri tersenyum lebar. Matanya kini benar-benar fokus ke gue, bukan ke baju-baju mewah itu. Kalo lagi senyum, wajahnya emang makin mirip Ify Blink.

Meskipun dari ceritanya, Riri terlihat polos, bahkan polos banget. Tapi gue percaya, suatu kisah yang diceritakan pake hati, ceritanya pasti akan terasa juga sampe hati pembaca atau pendengarnya. Dan gue, saat itu bener-bener bisa ngerasain kebahagiaan yang lagi dirasain Riri.

Tak lama kemudian, hape gue berbunyi. Waktu gue buka, ternyata ada telepon dari nyokap.

"Ri, kita disuruh ke foodcourt lantai bawah. Nyokap kita udah nunggu disana.." gue mengajak Riri setelah nyokap tadi nyuruh gue buat nyusulin mereka.

Gue dan Riri pun pergi ke foodcourt, tempat dimana mereka dengan enaknya ninggalin anak-anaknya, dan ngobrol berduaan tanpa rasa bersalah. Huh.

Setelah ngobrol dan makan-makan, gue dan nyokap akhirnya berpamitan karena hari sudah sore.

"Duluan ya tante! Duluan ri !"

Itu adalah kalimat perpisahan gue untuk mereka.

Gue ngerasa hari itu bener-bener gak akan bisa gue lupain. Gue bersyukur bisa ketemu cewek yang sifatnya manja, apa adanya, meskipun kadang nyebelin, tapi bisa bikin pertemuan pertama kami jadi berkesan.

Makasih, ya, Ri.
Sampai ketemu lagi :)

Tiga hari sudah gue dan keluarga berlibur di Bandung. Kami pun memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Kota yang penuh sesak, tapi tetap meninggalkan banyak kenangan.

Namun di perjalanan pulang, ada musibah yang cukup serius. Tepatnya di terminal lebak bulus, saku celana belakang bokap yang harusnya ada dompet, saat itu tanpa sadar udah hilang. Menurut saksi mata, tadi ada segerombolan pemuda yang bawa-bawa dompet dan ngeluarin uang dari dalam dompet tersebut. Tapi waktu ditanya keberadaan pemuda itu, mereka gak tau sekarang pemuda itu dimana.

Iya, hari itu bokap telah kecopetan. Untungnya nyokap masih ada sisa duit, jadi cukup buat ongkos pulang.

Sepanjang perjalanan, bokap terlihat stress dan kepikiran surat-surat penting yang ada di dompetnya. Saat itu, bokap udah ngerelain semua uang yang ada di dompet. Baginya, kini yang terpenting surat-surat penting di dompet jangan sampe hilang. Karena kalo soal uang, mungkin pencopet itu lebih membutuhkan. Iya, begitulah bokap, beliau masih bisa berpikir positif tentang orang lain disaat beliau pun lagi dirugikan. Gue banyak belajar dari sifatnya.

Surat-surat yang ada di dompet semuanya penting. Ada surat kendaraan bermotor, sampe surat yang diperlukan perusahaan tempat bokap bekerja. Makanya, gue jadi gak tega ngeliatnya. Gue khawatir kalo surat-surat itu beneran gak balik lagi. Tentunya bakal ribet lagi nanti ngurus ulangnya. Tapi kami terus berharap, semoga pencopet itu segera tertangkap, dan dompet bokap bisa balik lagi, lengkap sama isi-isinya.

Hampir seminggu sudah dompet bokap gak balik-balik juga. Kami pun mulai pasrah kalo surat-surat penting di dalam dompet itu isinya juga udah hilang. Itu artinya, bokap terpaksa harus ngurus lagi surat-surat itu semuanya. Dan yang pasti, juga memerlukan biaya yang lumayan banyak. Padahal saat itu, bokap lagi gak ada uang karena semua uangnya ada di dompet tersebut.

Disaat kami semua udah mulai putus asa kalo dompetnya gak bakal ditemuin. Tiba-tiba keesokan harinya, ada seorang bapak-bapak berkumis tipis gak dikenal, datang ke rumah dengan membawa sebuah dompet yang terbuat dari kulit, berwarna cokelat, dan ada arsiran batiknya.

"Dompet itu.. kayaknya gue tau.." Pikir gue dalam hati.

"Emm.. misi mas. Kenalin nama saya pak Arif. Saya beberapa hari lalu gak sengaja nemuin ini di terminal lebak bulus. Ini coba mas dilihat dulu"

Bapak itu coba menunjukkan surat-surat penting di dalam dompet tersebut.

Setelah gue amati, dompet tersebut ternyata bener-bener punya bokap. Memang uangnya udah hilang semua, tapi surat-surat penting di dalam dompet tersebut masih utuh.

"Saya nemu dompet ini udah dari 3 hari yang lalu, tapi baru saya kasih sekarang karena baru ada waktu. Untungnya alamat bapak gak jauh, jadi saya bisa balikin dompetnya, karena kebetulan rumah saya gak jauh dari sini."

Alhamdulillah...

Bokap sangat berterima kasih pada bapak itu. Bokap yang tau bahwa surat-surat penting di dalam dompetnya masih utuh, langsung terlihat senang dan sangat bersyukur ketika ia mendapatkan dompetnya kembali.

Syukurlah.. Bokap jadi gak perlu ngurus ulang surat-surat penting itu.

Iya, bagi gue kejadian itu juga termasuk keajaiban. Dan karena kejadian itu, gue semakin percaya bahwa keajaiban itu memang ada. Asalkan kita yakin dan mau terus berharap, kadang keajaiban itu bisa datang dengan sendirinya.

Bagi gue, keajaiban gak harus datang di hal-hal besar, tapi juga bisa dateng dari hal-hal kecil seperti yang Riri dan gue alami.

Kadang ketika kita lelah, kita memutuskan untuk menyerah. Melupakan semua mimpi yang ada. Padahal, Allah swt hanya menguji kita untuk tau, apakah kita benar-benar menginginkannya atau enggak. Harapan itu perlu dan harus dijaga. Karena kadang ketika kita mulai menyerahkan semuanya pada Allah swt, sesuatu yang kita anggap gak akan terjadi, justru terjadi. Dan hal itu biasa gue sebut dengan... keajaiban.

"Jangan lelah untuk berharap. Karena keajaiban suka datang dari harapan." -Riri-

Comments

  1. Duh, ngena banget ini tulisannya.
    Kisah Riri, kisah dompet ayah kamu.
    Alhamdulillah ya, happy ending.
    Allah itu Maha Baik, rezeki manusia nggak akan pernah tertukar. Yang penting kita tetep bersyukur dan bersabar \o/

    ReplyDelete
  2. Jadi terharu baca, jadi inspirasi buat nulis materi blog selanjutnya
    Mampir lah fif ke ke blog ita, ada skincare.. baru bgt si blog nya jadi masih kosong..

    melanita0805@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ita..
      Sorry baru baca komen lo, ta. Hehe :))

      Makasih, ya, udah baca.
      Siapp ita, nanti gue pasti mampir :D

      Delete

Post a Comment