Beberapa Alasan Untuk Move On

Hasil gambar untuk move on

"Aku belajar dulu ya, nanti aku kabarin kalo udah selesai."

Masih teringat jelas kalimat dia di hari sebelum gue janji bakal ngomong jujur untuk sesuatu yang penting itu. 

Gue pernah dekat sama seorang cewek. Dia baik, cantik, mandiri, pintar, dan yang terpenting, dia sholehah. Kita dekat udah setahun lebih. Kebetulan, gue dan dia emang satu kampus, jadi hampir setiap hari kita ketemu.

Dia emang anak yang rajin belajar. Gue sendiri suka dibuat kagum sama semangatnya. Gue sering nyemangatin dia kalo mau belajar, dia juga kadang nyemangatin balik kalo gue lagi ngerjain tugas.

Selama ngobrol sama dia, gue bisa ngerasa nyaman. Kita bisa saling terbuka ngomongin dunia masing-masing. Bahkan pelajaran yang biasanya ngebosenin pun, bisa terasa sebentar kalo gue duduk disampingnya. Canggung emang, tapi hati mana ada yang tahu, kalo dia udah bilang nyaman, mau secanggung apapun tetap gak bisa jauh.

Dia gak kayak cewek biasanya. Dia gak suka digombalin, susah juga dideketin. Banyak yang bilang, dia selalu nolak kalo ada cowok yang nawarin nganterin pulang. Banyak juga cowok yang suka sama dia. Gue bisa maklumin semuanya. Gue yakin semua karena sifatnya yang open-minded dan pemalu. Sehingga cowok yang deketin dia, makin penasaran sama sifatnya.

Karena itu juga, gue takut. Bukan gue takut kalah bersaing, tapi takut kalo cowok- cowok yang deketin dia, hanya sebatas penasaran ingin memiliki, bukan benar-benar untuk memiliki. Apalagi cuma buat nyari status, bukan karena kepastian untuk tulus.

Selain salut sama sifat-sifat nya yang tadi gue sebutin, gue juga salut sama sikap dia dalam menjaga komitmen. Sejak awal ketemu, gue udah tau kalo dia gak mau pacaran sama siapapun karena mau fokus sama kuliahnya. Gue makin ngerti, karena beberapa cowok yang deketin dia, juga ditolak karena alesan yang sama.

Gue tau, semua yang gue lakuin tiap bareng dia itu sangat berkesan. Bahkan gue gak lupa sampe sekarang. Sampe akhirnya, gue memutuskan untuk ngomongin semuanya. Gue berusaha untuk jujur sama perasaan. Pilihan yang gue yakini adalah yang terbaik, disaat gue ngungkapin untuk cewek yang punya komitmen sangat kuat, dan resiko ditolak adalah kemungkinan terbesar.

Saat itu kuliah udah memasuki masa-masa UAS, setelah itu perkuliahan bakal libur tiga bulan. Itu artinya, kemungkinan gue bakal gak ketemu selama tiga bulan juga besar. Mau diajak jalan pas liburan juga susah. Dia bukan cewek yang gampang diajak jalan. Dia selalu sibuk di rumah, bantuin orang tua nya. Satu dari banyak hal positif yang gue kagumi dari dia.

Akhirnya, gue memilih ngomongin semuanya di dua hari sebelum ulang tahunnya. Saat itu gue ceritain semua, tentang yang gue rasa, dan semua yang selama ini gue tahan, tentunya dengan gak memaksakan dia untuk menerima. Hari itu, gue hanya menuntut dia untuk dengerin semuanya.

Dan seperti yang gue yakini, dia benar masih bertahan sama komitmennya. Meskipun sedikit kecewa, tapi setidaknya gue udah berhasil ngungkapin semuanya.

Saat liburan tiba, kami sama sekali gak saling ngabarin. Terakhir selama liburan, gue iseng ngestalk sosmed dan blog dia. Dan gue gak nyangka, ternyata dia banyak nyeritain gue di dalam postingannya. Postingannya membuat gue makin ngerti, dan menerima semua keputusannya. Lalu gue balas semua itu, dan nyeritain semua kisah dan kesan gue selama setahun lebih untuk dia di postingan ini.

Dan dia baca.

Setelah hari itu, kami saling membuat jarak. Bukan karena benci, tapi hanya untuk saling menghargai dan menjaga perasaan satu sama lain.

"Gak akan ada orang yang sama, ketika pernah dekat, lalu menjauh, namun bertemu kembali." seseorang pernah bilang gitu ke gue.

Setiap kali gak sengaja ketemu, entah kenapa gue jadi canggung. Mau nyapa, rasanya butuh keberanian yang kuat. Padahal udah sama-sama ngerti dan pernah janji untuk saling terbuka. Tapi emang, keadaan gak selalu berjalan sesuai rencana. Kita malah saling diem-dieman, disaat gue udah mulai bisa mengikhlaskan.

Banyak orang yang sering kesal setiap berhadapan dengan sesuatu yang berhubungan sama mantan. Tiap denger mantan, rasanya mendadak pengen ngerobohin gedung dpr. Tiap ngeliat mantan, rasanya pengen nelpon ISIS buat gorok lehernya. Putus dari mantan, langsung hapus semua kontaknya, fotonya, dan bakar semua barang pemberiannya sewaktu pacaran. Dulunya janji sehidup semati, pas putus malah saling nyumpahin mati. Dulunya bebi-bebian, pas putus babi-babian. Pokoknya, mantan adalah makhluk yang gak pantas hidup di dunia. Sadis.
Hasil gambar untuk move on

Padahal, membenci mantan adalah salah satu tanda elo belum move on. Mantan itu gak selamanya buruk, kok. Karena tanpa mereka, elo gak akan bisa lebih dewasa dalam ngejalanin hubungan selanjutnya.

Begitupun gue, meskipun saat ini gue masih belum bisa nemuin yang tepat lagi, dan gue masih ngerasa dia lah yang terbaik. Tapi gue yakin, itu semua karena gue masih menutup rapat hati buat orang lain.

Kalo gitu, ya, kuncinya cuma satu ; move on.

Gue selalu berfikiran, bahwa sebenernya di dunia ini ada beberapa alasan yang bisa memperkuat manusia untuk move on, diantaranya :

1. Dia Bukan Satu-Satunya
Hasil gambar untuk move on

Gue yakin, ilusi yang datang ketika manusia jatuh cinta adalah, menganggap bahwa yang kita cinta adalah satu-satunya. Gak ada yang kayak dia, sehingga kita menutup hati untuk orang lain yang sebenarnya lebih tulus. Sehingga ketika kita kehilangan, hati belum siap menerima, lalu memaksakan kehendak, sulit melupakan, endingnya lo gak bisa move on.

Hal yang harus diingat adalah, Allah swt menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin sekarang elo suka dia, karena lo hanya tau lebih banyak tentang dia. Elo belum tau orang lain, orang yang mungkin aja lebih baik dari dia. Kadang, yang kita anggap baik, belum tentu sama baiknya di mata Allah swt. Jadi, tanamkan bahwa masih banyak seseorang yang lebih baik dan lebih tepat untuk lo, bukan cuma dia.

2. Buang-Buang Waktu
Hasil gambar untuk move on
Detik terus bergulir, tapi sakit tetep terukir. Tiap hari keinget mantan. Mau ngapa-ngapain masih mikirin. Waktu elo kebuang sia-sia. Terlalu menikmati kegalauan, bikin gak produktif, pasif, lalu ngomel di sosmed. Hem.

Padahal, waktu lo terlalu berharga buat mikirin orang yang udah gak ada apa-apa lagi. Lebih baik berbenah, lanjutin apa yang mau lo raih. Nanti pas elo udah sukses, pilihannya cuma ada dua ; Dia nyesel, atau lo dapet orang yang jauh lebih baik ? :)

3. Agar Skenario Allah swt berlanjut
Hasil gambar untuk move on
Manusia gak akan pernah tau tentang takdir yang bakal menghampiri. Kadang hari ini punya banyak masalah, besoknya malah dapet rezeki nomplok. Hari ini dipisahkan dari yang baik, besok dipertemukan dengan yang super baik. Yang penting percaya, skenario Allah swt gak akan mengecewakan, selama kita terus ikuti perintahnya.

Dalam Al Qur'an, yang baik dipertemukan dengan yang baik, begitupun sebaliknya. Artinya, jodoh adalah cerminan sifat. Jadi, selalu berbuat baiklah, agar dapet jodoh yang baik.

Nah, kalo udah jadi baik, tapi belum dapet jodoh yg baik ? Ya harus percaya, kalo ini hanya masalah waktu. Mungkin kita selalu mengeluh kalo gak dapet seseorang yang kita inginkan, tanpa mikir lebih jauh lagi. 

Karena yang sebenarnya terjadi, Allah swt hanya sedang mempersiapkan seseorang yang benar-benar kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Ketika kita ingin, kita bisa saja mengingkannya sementara, lalu perlahan bosan. Tapi kalo butuh, kita gak akan pernah lepas dari sesuatu itu, selamanya.


Masa lalu itu gak harus dilupain, tapi diikhlasin. Masa lalu itu datang untuk memberi pelajaran, bukan mempersulit keadaan. Selama elo selalu memandang optimis suatu masalah, elo pasti bakal nemuin jalan keluarnya. Bukan dengan cara ngomel-ngomel di sosmed.

Mau namanya mantan terindah, ya tetap indahnya di masa lalu aja. Lebih baik berfikir ke depan, lalu memperbaiki diri. Yakini kalo sosok terbaik udah nunggu di depan. Dia yang bakal menerima apa adanya, baik buruknya manusia. Dan tidak memaksa elo menjadi pasangan yang paling mengisi, tapi saling.

Dan sekarang, gue dan dia mulai sedikit bisa saling ngobrol lagi. Seperti gak pernah ada apa-apa, meskipun rasanya masih sama kayak dulu. Tapi untuk move on, gue percaya bahwa kita harus melepas yang indah di masa lalu, demi yang lebih indah di masa depan. Dan gue percaya, Allah swt bakal mengganti apa yang hilang, dengan yang lebih baik lagi. Lagipula kalau pun jodoh, pasti gak akan kemana, iya gak ? :)

“Kalau memang terlihat rumit lupakanlah. Itu jelas bukan cinta sejati kita. Cinta sejati selalu sederhana. Pengorbanan yang sederhana, kesetiaan yang tak menuntut apapun, dan keindahan yang apa adanya." -Tere Liye-

Comments

  1. aku sih sama anak-anakku selalu bilang berkarya dulu deh, kuliah, melakukan hal yang menyenangkan , janagn dulu terikat dengan seseorang. nnati kalau sudha waktunya akan bertemu dengan orang yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju :)
      Kalau pun galau, tetap tuangkan kegalauan itu lewat karya. Bukan pasif dan tidak produktif :)

      Delete

Post a Comment