Ngobrol Sekilas : Writer's Block

Hasil gambar untuk saran untuk writer's block
By the way, akhirnya gue bisa nulis lagi setelah beberapa minggu vakum. Rasanya males banget buat nulis, entah karena gak ada waktu, gak punya ide, atau emang lagi males aja. Padahal kalo dibilang gak ada waktu, lah gue orangnya gak sibuk-sibuk amat. Gak ada materi ? Ini mah bohong banget. Ehm, yaudah berarti jawabannya, emang gue nya aja lagi males nulis.

Buat elo yang juga suka nulis, pernah ngerasain yang namanya writer's block, gak ?

Writer's block itu semacam musuh di dunia penulisan, yang bikin karya penulis jadi terhambat. Kalo musuh itu gak diatasi, ya penulis bakal mati... karyanya, bukan orangnya, apalagi mantannya.

Hasil gambar untuk saran untuk writer's block
Tapi di gambar malah orangnya -_-
Akhir-akhir ini rasanya gue juga kena writer's block itu sih. Kampret. Banyak banget alesan yang bikin gue gak mau nulis, dan parahnya, alesan itu gue anggap sebagai hal yang wajar. Gue jadi suka berdalih biar gak nuntut buat nulis ini-itu.

Bulan lalu aja gue cuma nulis satu postingan. Bukan karena sibuk, emang karena males aja. Tiap buka blog, udah kepikiran mau nulis. Pas mulai nulis dan belum nyampe satu paragraf, tiba-tiba kepikiran hal lain yang kayaknya lebih enak dilakuin. Ide nulis pun jadi hilang. Tutup laptop, main keluar.

Sebenernya bulan lalu gue ada niatan mau lanjutin novel yang udah setahun gue cuekin gitu aja. Yah, mungkin kalo novel itu istri gue, dia bakal minta cerai dan gugat gue ke pengadilan agama karena udah nelantarin istrinya selama setahun. Tapi giliran buka laptop dan mulai nulis, alasan itu muncul lagi. Alasan yang bikin otak gue membiasakan untuk memproses kalimat, "Udaah nulisnya besok aja, sekarang mending nonton film atau main gih!".

Kadang, tiap kali buka laptop dan mulai nulis. Tangan gue suka latah malah nge-klik google chrome, buka akun twitter, ngestalk mantan, ternyata mantan udah punya pacar baru, galau, endingnya gak mood buat nulis.

Atau mood nulis jadi ilang karena disaat semangat pengen nulis, gak sengaja buka bbm, gataunya ada yang invite. Pas dibuka, ternyata Lazada.

Hasil gambar untuk saran untuk writer's block

Writer's block itu bahaya, dan lebih bahaya kalo kita turutin.

Makanya sekarang gue mulai nyoba nulis lagi, meskipun dengan materi yang segini-gini aja.

Kalo kata sarannya kak Ry Azzura, editor bukune :

"Kalo kamu kena writer's block, caranya kamu harus bikin outline dan deadline. Outline untuk menyusun apa aja yang mau kamu tulis, deadline untuk batas waktu kamu menyelesaikannya."

Dan dengan sedikit tambahan saran dari gue,

"Buat yang suka nulis dan tiba-tiba males nulis, coba kalian nulis lagi meskipun asal-asalan. Kelak kalo benar-benar itu passion, elo bakal ngerasa semangat lagi."

Dan yang terpenting, jangan lupa banyakin baca buku. Biar punya banyak tambahan kosakata baru saat elo nulis, dan untuk mengantisipasi stuck dalam ngerangkai kalimatnya.

Yaudah, postingannya segini aja. Namanya juga lagi writer's block. :))

Comments