Temukan Passion, Raih Mimpi Lo !

Hasil gambar untuk temukan passion
Selain memberangkatkan haji kedua orang tua, keinginan terbesar lainnya gue dalam hidup yaitu, bisa bekerja sesuai passion. Karena bagi gue, pekerjaan bergaji mahal tidak ada artinya jika setiap bekerja selalu dihadapi dengan tekanan yang bikin stress, mengerjakan apa yang kita tidak sukai terus menerus, yang endingnya malah bikin hasil kerja jadi gak maksimal. Oleh karenanya, mengenal passion diri sendiri itu penting. Gue mendefinisikan passion itu sendiri sebagai sesuatu yang tidak pernah terasa melelahkan meski dilakukan berulang kali.

Menemukan passion merupakan hal yang sederhana, namun tidak mudah. Seringkali kita sudah menemukan passion, namun karena terlalu biasa, malah dianggap sebagai kebiasaan. Padahal kebiasaan yang kita senangi, jika terus dilakukan dan diasah, gue percaya akan menjadi sesuatu yang bernilai nantinya. Contohnya bercerita, meskipun terdengar biasa, tapi kalo lo merasa senang melakukannya, jika terus dilakukan dan diasah, bukan tidak mungkin nantinya lo akan jadi penulis novel, pencerita, atau stand up comedian terkenal.

Begitupun gue, waktu SMA gue sempet kesulitan mengenal apa passion gue. Itu semua karena sifat gue yang mudah bosan, sehingga tidak ada kegiatan yang benar-benar gue sukai jika dilakukan berulang kali. Namun kegalauan itu hilang, setelah gue membaca suatu novel komedi yang bikin gue terpacu buat nulis. Dari situ gue jadi tertarik untuk iseng bikin blog, menulis setiap bulan, merekam semua memori lewat tulisan, hingga tanpa sadar kegiatan itu sudah berlangsung sampai sekarang. Selama menulis, gak ada hal-hal yang bikin gue capek atau merasa tertekan. Gue juga gak ngerasa bosan. Malah sebaliknya, gue selalu menikmati setiap proses menulisnya. Kebiasaan tersebut akhirnya membuat gue sadar, bahwa menulis sebenarnya adalah passion gue.

Dan sejak hari itu, gue mulai berkeinginan untuk menjadi penulis.

Awalnya gue mengira, ketika gue sudah menemukan sesuatu yang disenangi, gue akan bisa memutuskan mimpi apa yang pengen gue raih di masa depan. Tapi ternyata tidak, karena setelah itu rupanya di benak gue malah muncul pertanyaan seperti,

"Apakah menulis benar passion gue ?"

"Apakah jadi penulis bakal cocok sama gue ?"

"Gimana kalo gue salah menilai diri sendiri ?"

"Gimana kalo gue salah ngambil keputusan ?"

Iya, pertanyaan-pertanyaan itu membuat gue berfikir ulang untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Gue sadar  bahwa gue masih harus memastikan lagi apakah keputusan gue sebelumnya sudah benar atau tidak. Karena gue ngerasa sebenarnya masih banyak potensi yang mungkin gue miliki, namun tidak gue ketahui.

Bak gayung bersambut! Berkat menyelam di internet, akhirnya gue menemukan sebuah website yang 'gue banget'. Websitenya bernama Youthmanual.

Hasil gambar untuk youth manual


Gue kenalin dulu, deh. Sesuai jargonnya, 'Kenali dirimu, rancang masa depanmu', Youthmanual merupakan platform yang akan membantu lo untuk lebih mengenal diri sendiri hingga potensi yang lo miliki, yang itu semua nantinya bisa ngebantu lo untuk menetapkan dan merancang masa depan. Cocok banget untuk kalian wahai anak muda yang masih galau 'besok mau jadi apa'.

Karena penasaran, di hari itu juga gue langsung aja klik websitenya! Nih.. biar gampang, gue jabarin langkah-langkahnya ya! Caranya yaitu :

1. Buka dulu www.youthmanual.com

2. Daftar atau login (bagi yang sudah punya akun)

3. Selesaikan semua assesment di peta perjalanan

4. Terakhir, lihat hasilnya.

Tampilan peta perjalanan

Pertama nyoba, gue pakai dulu fitur yang gratisan. Alasannya karena gue kepengen tahu dulu apakah hasilnya bakal sesuai sama ekspektasi atau enggak. Kan sayang kalo udah bayar, tapi hasilnya gak sesuai ekspektasi. Hehehe.

#MentalMahasiswa
#PerhitunganSamaUang
#GakMauRugi

Okee.. mulai deh, saatnya gue lewatin tahap per tahap nya, diantaranya :

Tahap Pertama : Modul Pengenalan Diri.

Pengenalan diri.

Isi dari modul ini masih pertanyaan yang ringan-ringan aja, gue yakin nenek-nenek breakdance juga bisa jawab kalo dikasih pertanyaan tersebut, karena pertanyaan nya masih seputar diri sendiri. Hehehe.

Tahap Kedua : Modul Kepribadian


Modul Kepribadian

Lanjut ke tahap kedua, yaitu modul kepribadian. Modul ini masih pertanyaan ringan, cuma jumlahnya lebih banyak dari modul pertama. Pertanyaan yang diberikan di modul ini mengarah pada sifat kita.

Dan hasil gue adalah...

Hasil gue di modul kepribadian
Ketika gue buka satu per satu mulai dari deskripsi kepribadian sampai fun facts nya, saat itu gue langsung ngerasa, 'ini emang gue banget parah'.

Karena terpuaskan di 2 modul awal, akhirnya gue mulai ketagihan dan mulai ngerjain lagi assesment selanjutnya. Biar gak nanggung, kali ini gue berani buat beralih ke fitur premium.

Untuk pake fitur premium juga gak ribet. Gue tinggal sign-in aja ke akun premium, ikutin langkah-langkahnya, terakhir tinggal bayar di Indomaret, deh!

Harganya juga masih terjangkau buat kantong mahasiswa, cuma sebesar Rp 79 ribu loh. Dengan harga segitu, lo sudah bisa menggali lebih dalam lagi seputar kepribadian, potensi, hingga jurusan/profesi apa yang cocok sama diri lo. Bayarnya cukup sekali, tapi dampaknya seumur hidup. Hihiw.

Setelah gue daftar ke akun premium, profil gue berubah jadi ada logo Explorer di bagian atas.

Tampilan profil gue. Explorer adalah
 tanda bahwa akun lo sudah premium.

Salah satu kelebihan menggunakan fitur premium dibanding fitur gratisan adalah, tidak ada assesment yang terkunci -kecuali modul keterampilan 21st century dan tanya youth manual karena masih coming soon- di peta perjalanan, sehingga lo bakal lebih leluasa menggali potensi lo dari akar sampai pucuknya.

Yap, sekarang lanjut lagi ngerjain assesment nya. Tahap selanjutya adalah...

Tahap ketiga : Modul Minat


Modul Minat

Modul ini isinya pertanyaan yang mengarahkan lo kepada seberapa besar minat lo dengan suatu bidang atau kegiatan. Hasil ini akan menunjukkan seberapa besar tingkat keminatan lo terhadap suatu bidang yang bisa dijadikan acuan dalam memilih jurusan. Dalam artian, modul ini akan membantu lo mencari passion yang sebenarnya.

Tahap keempat : Modul Kemampuan


Modul Kemampuan

Langkah selanjutnya yaitu modul kemampuan. Modul ini cukup membuat lo berpikir dan memerlukan banyak waktu. Di dalamnya terdiri dari 6 bagian pertanyaan yang dikerjakan selama kurang lebih 1 jam. Pertanyaan di modul ini serupa dengan tes psikotes, karena lo akan diberikan pertanyaan seputar pola, soal cerita, logika matematika, bangun 3 dimensi, hingga dipaksa cepat membuat kesimpulan dari suatu kasus. Tujuan modul ini adalah untuk memberikan gambaran terkait kecocokan terhadap kemampuan lo dengan setiap jurusan di sekolah maupun perkuliahan nanti. Dalam artian, modul ini akan membantu lo terhindar dari yang namanya "salah jurusan".

Tahap kelima : Personal Values.

Modul Personal Values
Modul ini berisi pertanyaan yang akan mengharuskan kita memilih 1 dari 2 opsi tentang perbuatan yang menurut kita lebih baik. Hasil dari modul ini akan memperlihatkan bagaimana sikap lo dalam memandang nilai-nilai sosial yang penting bagi kehidupan.

Nah ini, buat lo yang sering mengalami kesulitan belajar, kayak gue. Disini lo juga bisa mengetahui gaya belajar apa yang cocok dengan diri lo, dengan membuka tahap di peta perjalanan yang ada gambar harta karun nya.

Modul Gaya Belajar
Semoga setelah mengetahui gaya belajar yang cocok, nantinya akan membuat lo jadi mudah menyerap materi pelajaran, sehingga nilai yang didapat pun juga lebih bagus.

Selain bisa mengetahui profesi/jurusan apa yang cocok sama gue, gue juga bisa mengeksplor profesi atau jurusan tersebut lebih jelas lagi, mulai dari deskripsinya hingga tingkat kecocokan sama minat dan kemampuan gue sesuai hasil assesment yang telah dikerjakan.

Eksplorasi Profesi dan Ekplorasi Jurusan
Masih belum berhenti sampai disitu. Karena selain bisa menggali informasi terkait profesi dan jurusan, di Youthmanual juga gue bisa mendapatkan informasi seputar kampus negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Caranya tinggal klik aja Explorasi Kampus di peta perjalanan!

Eksplorasi Kampus


Di menu ini, gue bisa mendapatkan informasi lengkap seputar kampus, mulai dari akreditasi, rating, pendaftaran, hingga biaya kuliah per semesternya.

Nah satu yang menariknya lagi, Youthmanual ternyata juga menyediakan menu yang membuat gue bisa melihat reminder dari langkah serta deadline yang perlu gue pertimbangkan untuk merancang masa depan. Caranya gue tinggal klik aja menu timeline, nanti keluar tampilan begini.

Timeline rencana kegiatan
Keren banget, kan ? Pokoknya hal yang berhubungan dengan masa depan lo, dari A sampai Z nya sudah bisa lo rancang dengan rinci lewat fitur premium youth manual ini !

Kelarr :)
Btw, daripada lo cuma baca review gue yang malah bikin penasaran, mendingan lo cobain sendiri deh fitur premium Youthmanual nya! Dijamin gak ada ruginya.

And wait, guys.

Gue masih ada kejutan tambahan nih.

Berhubung lo sudah rela baca tulisan gue ini, sebagai rasa terima kasih, disini gue bakal memberikan POTONGAN HARGA alias DISKON sebesar 10 % untuk lo setiap pembelian fitur premium Youthmanual dengan mencantumkan kode referal KEJARMIMPI10 di form pembayaran. Tunggu apalagi ?? SIIKAATT !!

Pokoknya, gue salut sama terobosan yang diciptakan Youth Manual untuk membantu anak muda menata masa depannya yang masih abu-abu. Karena diluar sana memang masih banyak anak muda -termasuk gue- yang sampai sekarang masih bingung nanti sudah besar mau jadi apa, besok ngelakuin apa lagi, habis lulus mau ngapain, mau kerja kayak gimana, dan bla bla bla lainnya.

Makanya menurut gue, cara ini sangat membantu dan sayang dilewatkan untuk siapapun anak muda yang ingin menata masa depannya mulai sekarang. Karena dengan hanya mengerjakan seluruh assesment yang disediakan Youthmanual, lo sudah dapat menggali potensi yang sebenarnya lo miliki, kemampuan, serta minat untuk menentukan jurusan sekolah, kuliah, sampai profesi apa yang cocok untuk lo nantinya secara terperinci.

"Kebahagiaan itu bukanlah apa yang kau tunda, kebahagiaan adalah apa yang kau rancang di masa depan." -Jim Rohn-

Yap, kalo merancang masa depannya pakai Youthmanual, maka untuk lebih membantu lo mewujudkan masa depan, gue punya satu rekomendasi lagi buat lo, yaitu Notebook Acer Switch 1.

laptop acer switch 1
Sumber : www.acerid.com

Acer Switch 1 ini bisa mengubah pikiran siapapun yang biasanya males bawa notebook karena berat, lemot, atau takut baterai habis. Karena Acer Switch 1 ini punya banyak kelebihan yang cocok banget digunakan oleh pelajar dan mahasiswa -kayak gue-, diantaranya :

1. Spesifikasi tangguh untuk multitasking.

Spesifikasi pada Acer Switch 1 ini memang gak main-main. Notebook Acer terbaru ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 500 GB, Touchpad nya juga sudah mendukung windows 10 yang membuat lo lebih leluasa menyelesaikan pekerjaan.

Buat yang suka nge-game dan desain, Spek Acer Switch 1 juga bakal membuat aktivitas gaming dan desain lo terhindar dari lemot, karena processor nya sudah menggunakan Intel Quadcore generasi terbaru. Layar sentuh yang dimiliki notebook ini juga HD, sehingga tidak akan mengurangi ketajaman warna gambar atau video.

2. Baterai awet, tahan hingga 12 jam.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, berhadapan dengan tugas numpuk yang dikejar deadline sudah menjadi santapan rutin. Tapi disaat mengerjakan tugas, ada aja hal yang bikin jengkel. Yang paling sering gue alami adalah, baterai habis ditengah jalan, sedangkan gue lupa bawa chargeran. Atau kadang udah bawa chargeran, tapi gak kebagian tempat colokan listrik. Hal ini bikin gue terpaksa harus menunda pekerjaan.

Gak mau terus menghadapi masalah yang sama, saat ini memiliki notebook dengan baterai awet merupakan prioritas gue. Makanya gue memilih Acer Switch 1, karena baterainya yang bisa tahan hingga 12 jam. Membuat gue gak perlu takut kehabisan baterai lagi di tengah jalan, dan tentunya mempermudah pekerjaan yang membutuhkan waktu cepat.

3. Bisa digunakan sebagai notebook, bisa juga sebagai tablet.

Spesifikasi Acer Switch 1 ini juga membuat aktivitas gue lebih praktis. Kalo kemana-mana mau bawa notebook dan tablet, gue gak perlu bawa keduanya, karena gue cukup membawa Acer Switch 1. Notebook ini bisa beralih fungsi dari notebook menjadi tablet maupun sebaliknya. Jadi kalo mau ngetik, gue tinggal jadiin Acer Switch 1 sebagai notebook, sedangkan kalo mau nge-game, gue bisa jadikan sebagai tablet biar lebih asik.

laptop acer switch 1
Sumber : www.acerid.com

4. Bisa diisi ulang menggunakan power bank ataupun charger smartphone.

Selain memiliki baterai awet hingga 12 jam, notebook Acer Switch 1 ini juga punya kelebihan tambahan yang jarang dimiliki notebook lain di jaman sekarang, yaitu baterai nya bisa dicharge dengan menggunakan powerbank atau charger smartphone! Jadi bener-bener gak usah khawatir kehabisan baterai lagi deh, karena ada banyak cara untuk mempertahankan baterai si notebook kece ini :)

5. Desainnya Stylish

Jangan khawatir mentang-mentang spesifikasinya tinggi, membuat lo mikir 'pasti desainnya biasa aja'. Tenang aja ! Notebook Acer Switch 1 ini juga memiliki desain yang stylish. Rangkanya yang terbuat dari bahan metal dengan sentuhan menawan membuat notebook ini terlihat lebih elegan, Sedangkan bobotnya yang hanya 680 gram dengan dimensi 259 x 180,5 x 9,65 mm membuat Acer Switch 1 ini praktis dan mudah dibawa kemana saja.

laptop acer switch 1
Sumber: www.acerid.com

Pokoknya, Acer Switch 1 ini benar-benar mengerti apa yang gue butuhkan. Dijamin bisa menjadi andalan gue dalam mengerjakan tugas kuliah, desain, gaming, sampai nonton film.

Buat yang penasaran, ini gue kasih spesifikasi lengkapnya :

Sistem OperasiWindows 10 Home
ProcessorIntel Cherry Trail X5-Z8300 1,44 GHz
RAM2GB DDR3L
PenyimpananeMMC 32GB
500GB HDD
Layar10 inci IPS WXGA 1280×800
BateraiDaya tahan: hingga 12 jam
31.57W, 8200 mAH
Dimensi & BobotDimensi  259 x 180,5 x 9,65mm
Bobot: 680g
I/O1x Micro USB 2.0
1x Combo Audio Jack (4-ring, 3.5phy)
1x Micro-HDMI
1x Micro SD2.0 card slot
1x 9 pin docking connector
1x DC-In for charging
JaringanBroadcom AP6212 802.11 b/g/n (1X1)
Bluetooth 4.0
Di jaman yang serba praktis dengan persaingan yang sangat luas seperti sekarang, kita sudah mulai dituntut untuk lebih cepat bergerak dan berfikir menentukan masa depan kita. Gak ada lagi waktu untuk lama berfikir, "Gue harus ngapain ya ? Ngambil jurusan apa ya ? Bisa gak ya gue ? dsb".

Selain itu, bekerja sesuai kemampuan dan minat juga merupakan suatu yang penting. Karena jika kita bekerja di tempat yang salah, penyebabnya kita akan menjadi mudah mengeluh, mengalami stress, bekerja hanya karena uang, motivasinya rendah, bahkan kita tidak akan mengalami kemajuan yang berarti.

Maka dari itu, bagi gue menemukan passion itu penting.

"Sukses bukanlah kunci untuk bahagia. Bahagia lah yang merupakan kunci untuk sukses. Bila Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, maka Anda akan berhasil." - Albert Schweitzer -

Comments