5 Cara Untuk Tetap Produktif Meskipun #DiRumahAja



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Gimana, masih sehat aja kan semuanya ? Stay safe ya guys. Kurangi keluar rumah kalau emang gak perlu-perlu amat. Gak usah dulu lah ngajak doi jalan.

"Tapi kan kangen, bang. Chat atau vidcall aja gak cukup."

Makanya nikahin! Anak orang jangan dipacarin melulu. Nimbun dosa doang yang ada.
Kan kalau udah nikah mah enak, gak perlu repot jemput lagi, kalau kangen gak perlu beli kuota trus video call lagi. Kenapa ? karena udah tinggal serumah. Hihiw :))

Balik lagi ke topik awal, di masa pandemi gini, banyak sekali gue liat orang-orang pada kesulitan membiayai hidupnya. Penyebabnya beragam, mulai dari kena phk, sulit mencari kerja, orderan berkurang, hingga tagihan bulanan yang melebihi pemasukan di masa pandemi gini.

Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk membantu kesulitan tersebut, namun bantuan yang diberikan dirasa masih kurang tetap sasaran.

Masih banyak gue temukan info bahwa terdapat satu keluarga yang gak bisa makan seharian, bahkan tragisnya hingga meninggal. Astaghfirullah aladzim. :((

Sumber : kompas.com


Btw mendengar info diatas, masih pantes gak sih kita buat ngeluh ? :((

Pemerintah memang berjanji memberikan bantuan, namun kita juga jangan terlalu pasrah akan hal tersebut, sehingga bukannya berpikir bagaimana cara mencari uang di tengah pandemi, namun malah fokus berpikir bagaimana cara dapat bantuan dari pemerintah secepatnya.

Nah, untuk itu gue mencoba memberikan beberapa tips untuk kalian agar tetap bisa produktif dan menghasilkan uang di tengah pandemi gini meskipun #DiRumahAja. Yuk disimak !

1. Jualan Online




Ada hal yang patut disyukuri di tengah pandemi gini, salah satunya adalah karena wabah ini muncul ketika dunia sudah serba online. Zaman sekarang sudah banyak online merchant yang menyediakan tempat untuk kalian berjualan, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan sebagainya. Cara mulai berjualan di merchant tersebut pun sangat mudah, sehingga gak ada alasan untuk kalian gak jualan disana.


Gak punya barang ? kalian bisa menggunakan sistem dropship. Lagi-lagi di online merchant sudah banyak toko yang menerima dropshipper. Sehingga kalian gak perlu modal apa-apa. Tinggal promosi aja, nanti barang yang kamu jual biar di packing dan diantar sama si toko tersebut. Kamu tinggal duduk manis dan terima fee nya.

Gue sendiri juga sedang menggeluti dunia dropshipper ini dan sudah berhasil membuka toko online di Instagram, namanya Belibro.id. Udah gue bahas sekilas di postingan ini.


Toko dropship nya darimana ? nanti aja kapan-kapan gue bahas ya! :p


Lumayan bisa menambah penghasilan per bulannya. Ditambah gak perlu stok barang dan repot packing hingga delivery ke customer. Asik, kan ? :)

2. Bikin Konten Youtube

Gak usah shock gitu liat viewers nya :))

Youtube sekarang lagi jadi top platform berkarya paling digemari. Banyak yang mulai mencoba bikin konten-konten menarik di youtube.

Kalau kamu suka jalan-jalan, kamu bisa bikin vlog.

Kalau suka berakting, bisa bikin film pendek.

Punya beberapa video lucu, kamu tinggal gabungin trus lalu upload jadi kompilasi video lucu.

Kalau bisa nyanyi ? kamu bisa mulai cover lagu, yang suka banyak loh!

dan yang terbaru adalah dengan menjadi podcaster. Banyak youtuber yang mulai membuat studio podcast nya sendiri mulai dari Deddy Corbuzier, Raditya dika, Adriano Qolbi, Atta Halilintas, Prilly Latuconsina, dan Raffi Ahmad.

Ya, meskipun perjalanan mendapat uang adsense dari youtube tidaklah mudah, namun dengan wabah ini, bisa memancing kalian buat mulai bergerak untuk mencoba berkarya di youtube.

Jika kualitas video kamu bagus, maka channel youtube kamu akan cepat berkembang juga kok! Dan uang adsense akan kamu dapatkan.

3. Jadi Penulis Freelance



Buat kamu yang suka nulis atau kepengen nulis alias gak harus jago, cara ini juga bisa kamu kerjakan saat ini. Mumpung lagi banyak waktu luang, gak ada salahnya kamu nulis 1 atau 2 konten per hari, dan uang akan cepat kamu dapatkan.

Ada banyak situs yang mencari penulis freelance untuk mengisi kontennya, kalo gue biasa nulis konten di UC Browser.

Di UC Browser, ada satu platform khusus yang mereka sediakan untuk menampung konten-konten dari para penulis freelance, namanya UC We Media. Silakan kalian searching aja di google. Cara daftar nya juga mudah kok. Selamat berkarya ya!

4. Buka Jasa Freelance Sesuai Kemampuan



Kamu harus tau bahwa ada situs namanya projects.co.id. Situs tersebut berisi lowongan pekerjaan freelance yang sedang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya ada yang minta tolong untuk upload produk dagangan nya ke online shop, jika kamu bersedia, kamu bisa menawarkan jasamu itu.

Setelah selesai menjalankan tugas, kamu akan terima fee nya. Gampang, kan ?

5. Ikut Kompetisi Online Berhadiah


Dalam wabah kayak gini, banyak banget influencer yang lagi doyang bagi-bagi hadiah atau bahasa kerennya give away. Nah, daripada cuma rebahan, mending coba ikutan aja! Kalau rezeki, kamu akan dapat hadiahnya. Jangan lupa berdoa dan berusaha maksimal ya, itu yang penting. :)

Itu aja yang bisa gue share berdasarkan pengalaman. Semoga bisa membantu kalian agar bisa tetap produktif dan berpenghasilan di tengah wabah ini.

Jangan mau kalah sama virus! Yuk bisa yuk untuk produktif !

Be creative and stay positive!

“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra'd:11)

Kalau kalian punya ide lain, tulis di kolom komentar ya! Sharing is caring :)

Comments